SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan media E-Learning edmodo Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kediri

Bagus Arif Sucandra

Abstrak


ABSTRAK

Sucandra, Bagus Arif. 2016. Penggunaan media E-Learning edmodo Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Kediri. Pembimbing: (I) Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. (II) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd

 

Kata Kunci :  Media E-Learning edmodo, Motivasi Siswa, dan Hasil Belajar Siswa.

Media pembelajaran edmodo merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran menyebabkan nilai hasil belajar siswa menjadi berkurang. Guru sebagai pendidik harus bisa menyikapi dengan bijak dan baik, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. Karena selama ini tanpa kita sadari sebagai pendidik model pembelajaran konvensional adalah model tradisional yang menintik beratkan pada metode ceramah dan pemberian tugas. Oleh karena itu media berbasis IT menjadi salah satu alternatif yang cocok untuk pembelajaran karena bisa meningkatkan minat motivasi dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif ekperimental semu (Quasi-Experimental Design) dengan bentuk desain pre-test-post-test control Group. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis IT edmodo untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 4 Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket untuk melihat nilai motivasi siswa dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa serta dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t.

Hasil penelitian menghasilkan rata-rata nilai motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 118 dan 84, sedangkan nilai motivasi dan hasil belajar kelas kontrol sebesar 110 dan 64. Hasil tersebut menunjukan terdapat perbedaan nilai dari tingkat motivasi dan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan media pembelajaran edmodo dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa nilai tingkat motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran edmodo lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Kesimpulan tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam guru menggunakan media pembelajaran dan melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.