SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perkembangan Komunitas Hijabers Sebagai Fenomena Fashion dan Perannya Terhadap Pendidikan Karakter di Malang Tahun 2011-2015

Bunga anggraeni

Abstrak


 

ABSTRAK

 

Anggraeni, Bunga. 2016. Perkembangan Komunitas Hijabers Sebagai Fenomena Fashion dan Perannya Terhadap Pendidikan Karakter di Malang Tahun 2011-2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A, Ph.D.

Kata kunci: Komunitas, Hijabers,Busana Muslim, Pendidikan Karakter, Malang.

Hijabersidentik dengan  fashion hijab dan busana muslimah yang modern. Perkembangan Komunitas Hijabers diikuti dengan semakin meningkatnya pemakaian hijab dan busana muslimah bagi wanita muslim, sehingga memunculkan komunitas-komunitas hijabers salah satunya di Kota Malang. Salah satudari komunitas hijabers yang ada di Kota Malang adalah Hijabers Malang (HM).

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan berdiri dan berkembangnya Komunitas Hijabers di Kota Malang, (2) mendeskripsikan aspek pendidikan karakter nilai religius dalam Komunitas Hijabers Malang di Kota Malang, (3)mendeskripsikan dampak sosial budaya dari Komunitas Hijabers di Kota Malang.

Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini adalah pertama,peneliti menentukan topic penelitian.Kedua, penelitimencari data denganwawancara, observasidandokumentasi.Ketiga, peneliti menganalisis data dengan tahapan reduksi data, pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode.Keempat peneliti menyajikan data dan kemudian menarik kesimpulan sebagaimana tujuan penelitian.

 

Berdasarkan hasil analisis dari data yang diperoleh, terdapat tiga kesimpulan data penelitian: Pertama, Komunitas ini berdiri pada 16 Oktober 2011, tujuan didirikan Hijabers Malang adalah syi’ar agama mengajak wanita muslim untuk berhijab yang berpedoman pada syariat Islam dengan cara fashiondan juga sebagai wadah untuk sillaturahmi antar kaum wanita muslim di Kota Malang. Kedua, Komunitas Hijabers Malang menerapkan nilai-nilai religius dengan mengadakan berbagai kegiatan religi dengan tujuan untuk membentuk karakter individu yang taat akan ajaran-ajaran Islam. Ketiga, Komunitas Hijabers Malang mempunyai pengaruh besar terhadap lingkungan di Kota Malang antara lain dampak sosial, dampak ekonomi dan dampak terhadap perilaku anggota Hijabers Malang menjadi karakter yang religius.