SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Angkatan 2013-2015 Universitas Negeri Malang dalam Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Tahun 2015

Millatul Masruroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Masruroh, Milla. 2016. Minat Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Angkatan 2013-2015 Universitas Negeri Malang dalam Mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Tahun 2015. Skripsi, Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd, (II) Dra. Yuliati, M.Hum.

 

Kata Kunci: minat, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), mahasiswa

 

Berdasarkan survey awal yang diperoleh dari bagian kemahasiswaan Universitas Negeri Malang, pada tahun 2015 pengusulan proposal PKM di Fakultas Ilmu Sosial mencapai 385 proposal, Pendidikan Sejarah mengajukan 42 proposal. Proposal yang didanai sangat rendah, yaitu hanya 2 proposal. Dibandingkan dengan jumlah proposal yang diajukan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah sejumlah 42 proposal, maka dapat dikategorikan rendah yaitu 5% yang berhasil didanai oleh Dikti. Rendahnya proposal PKM yang berhasil didanai tersebut dinilai bahwa mahasiswa memiliki minat yang rendah dalam mengikuti seleksi PKM. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Universitas Negeri Malang?, (2) apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Universitas Negeri Malang?

Tujuan dari penelitian berdasarkan rumusan masalah yaitu: (1) mengukur dan memaparkan minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Universitas Negeri Malang. (2) mengukur dan memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Malang angkatan 2013-2015 sebanyak 120 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen non tes yang berupa angket dan wawancara sebagai pelengkap data, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif (berupa rata-rata persentase).

Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan indikator kebutuhan minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah masih rendah, yaitu 49,2% jawaban dari mahasiswa menyatakan kurang berminat. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya minat mayoritas dipengaruhi oleh faktor ekstrinsik mahasiswa, yaitu dorongan dosen dan dorongan teman dengan dibuktikan besarnya persentase yaitu 50,0% mahasiswa menjawab berminat karena dorongan lingkungan akademik.

 

Berdasarkan indikator kebutuhan minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah masih rendah, sedangkan faktor yang mempengaruhi timbulnya minat mahasiswa mengikuti PKM secara umum dipengaruhi oleh faktor ekstrernal berupa dorongan dosen dan teman, sehingga perlu adanya sosialisasi yang menyeluruh kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat lebih kreatif dan aktif dalam kegiatan menulis. Bagi penelitian yang akan datang disarankan mengadakan penelitian mengenai cara mengeksplorasikan ide-ide kreatif sesuai dengan ilmu dan konteks yang diajarkan dalam matakuliah sejarah.