SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X-IPS 2 MA Negeri Turen

Titik Wijayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijayati, Titik. 2016. Penerapan Model Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X-IPS 2 MANegeri Turen. Skripsi. Jurusan Sejarah,  Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd., M.Pd., (II) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum.

 

Kata kunci: course review horay, motivasi belajar, sejarah

 

MA Negeri Turen merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Malang yang peserta didiknya mengalami permasalahan terkait dengan motivasi belajar sejarah. Berdasarkan observasi dan wawancara, peneliti mendapat informasi terkait dengan rendahnya motivasi belajar di kelas X-IPS 2 dalam pembelajaran sejarah. Rendahnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas X-IPS 2 terlihat dari kurang antusiasnya peserta didik dalam pembelajaran, diam atau melamun, mengantuk,tidak melakukan kegiatan apa-apa, dan berbicara dengan temannya.Kondisi seperti ini disebabkan penggunaan model ekspositori oleh guru dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan memperbaiki kualitas pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran yang inovatif. Penggunaan model pembelajaran yang inovatif akan membantu meningkatkan motivasi dalam pembelajaran. Peneliti bersama guru memberikan solusi untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar dengan penerapan model yang menarik dan melibatkan peserta didik secara aktif di dalamnya. Model pembelajaran tersebut adalah  Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik kelas X-IPS 2 dengan penerapan model Course Review Horay.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas membantu meningkatkan keterampilan guru dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas adalah proses perbaikan kondisi yang ada mencarikan solusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi dan dalam rangka menentukan cara-cara baru yang lebih baik dan lebih efektif untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Tahap penelitian ini mengadopsi model Kemmis dan Taggart. Siklus dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dan II dilakukan dua kali pertemuan.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar sejarah peserta didik kelas X-IPS 2. Penerapan model Course Review Horaydalam pembelajaran sejarah di kelas X-IPS 2 dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil angket yang disebar pra-siklus, setelah siklus I, dan siklus II. Komponen motivasi belajar peserta didik, yaitu attention (perhatian), relevance (kesesuaian), confidence (kepercayaan diri), dan satisfaction (kepuasan). Indikator attention (perhatian) mengalami peningkatan sebesar 14% yaitu dari 64%  menjadi 78%, indikator relevance (kesesuaian) mengalami peningkatan sebesar 10%  yaitu dari 70% menjadi 80%, indikator confidence (kepercayaan diri) meningkat sebesar 12% yaitu dari 66% menjadi 78%, indikator satisfaction (kepuasan) mengalami peningkatan sebesar 23% yaitu dari 62% menjadi 85%.

Berdasarkan penelitian ini hendaknya guru dapat menggunakan model Course Review Horay sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta dididk dalam pembelajaran sejarah maupun pembelajaran yang lain. Peserta didik diharapkan dapat lebih aktif dan berpartisipasi dalam setiap proses pembelajaran. Kepala Madrasah hendaknya dapat memberiksn himbsusn kepada guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

 

 

 

ABSTRACT

 

Wijayati, Titik. 2016.The Implementation CourseReviewHoray(CRH)Learning Modelto Improve History Learning Motivation for Student at X-IPS 2 Grade in MA Negeri Turen. Thesis. History Department, Faculty of Social Science, State University of Malang. Advisors: (I) Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd., M.Pd., (II) Drs Slamet Sujud Purnawan Jati M.Hum.

Key word(s):course review horay, learning motivation,history

MA Negeri Turen is one of the schools in the District of Malang whose students are facing problems related to motivation in learning History Subject. Based on the observation and interview, the researcher found some information about the students’ lack of motivation in learning History Subject of Tenth Grade Students of Social Studies Programme 2. The students’ lack of motivation in learning History is reflected from students’ behaviours such as idleness, daydreaming, sleepiness, talking with friends, and having no interest in learning History. This condition is caused by the use of expository model implemented by the teacher in the learning process. The teaching and learning quality can be improved by implementing an innovative teaching and learning model. The implementation of innovative teaching and learning model will help students to improve their learning motivation. The researcher and the teacher have given solution to overcome the students’ lack of motivation by implementing an interesting teaching and learning model that involved students’ participation named Course Review Horay. This study purpose to improve history learning motivation student at X-IPS 2 grade with implementation Course Review Horay model.

The design of this study is Classroom Action Research (CAR). This kind of research design is aimed at improving teachers’ performance in teaching and learning process. The Classroom Action Research is a process of improving condition, solving the problem, and developing effective ways of teaching and learning in achieving better result. In conducting CAR, the researcher of this study adopted a model proposed by Kemmis and Taggart. This study was done through a four-step process, namely (1) planning, (2) implementing, (3) observing, and (4) reflecting. This study was done in two cycle, cycle I, and cycle II in two meeting.

The result of this study have shown that the implementation of Course Review Horaymodel can improve the motivation in learning History Subject of Tenth Grade Students of Social Studies Programme 2. The improvement can be seen in the questionnaire result. The questionnaire were distributed in preliminary study and after the implementation of Course Review Horay model. The indicators of students’ motivation in learning have shown the improvement as follows: attention (14%); relevance (10%); confidence (12%); satisfaction (23%).

Based on the findings of this study, it is hoped that teachers can apply Course Review Horay as an alternative model in improving students’ motivation in learning History Subject as well as in other subject. The students are required to actively participate in every teaching ang learning process. The headmaster of MA should requires the teachers to be able to create joyful teaching and learni environment.