SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Android Pada Materi Kerajaan Majapahit Mata Pelajaran Sejarah SMA Kelas XI

Dimas Indranata

Abstrak


ABSTRAK

Indranata, Dimas. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Android Pada Materi Kerajaan Majapahit Mata Pelajaran Sejarah SMA Kelas XI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah.Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing :(I) Drs.Dewa Agung Gede Agung, M.Hum, (II) Drs. Ismail Lutfi, M.A.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Komik, Android, Kerajaan Majapahit

Proses pembelajaran sejarah yang dilakuakan saat ini masih kurang maksimal. Berdasarkan hasil pengamatan pada Kelas XI IIS SMAN 9 Malang siswa masih mengalami berbagai kesulitan dalam kegiatan pembelajaran. Kesulitan tersebut muncul ketika membahas sejarah kerajaan Mapapahit. Masalah ini disebabkan karena materi yang disampakan guru tidak dapat diterima dengan baik oleh siswa. Dalam penyampaian materi pembelajaran, media yang digunakan  guru kurang memberikan gambaran secara lengkap mengenai kompetansi dasar dari materi diantaranya seperti keadaan pemerintahan, sosial, ekonomi dan kebudayaan dari kerajaan Majapahit. Selain itu keterbatasan sumber belajar mengakibatkan siswa sulit untuk mencarai informasi mengenai materi pelajaran. Permasalahan ini tentunya mengakibatkan proses pembelajaran sejarah yang dilakukan cenderung membosankan dan hasilnya kurang maksimal.

Berdasarkan permasalahan yang dikaji rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media pembelajaran komik bebrasis android pada materi kerajaan Majapahit mata pelajaran Sejarah SMA Kelas XI. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komik berbasis android pada materi kerajaan Majapahit mata pelajaran sejarah SMA kelas XI.

Prosedur yang digunakandalam pengembangan media pembelajaran ini meliputi sembilan tahapan, merupakan modifikasi dari model pengembangan Sugiyono. Tahap pengembangan yang dilakuakan yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian dan 9) revisi produk akhir.Instrumen  pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media, ahli materi, uji coba kelompok kecil dengan 10 responden, uji coba kelompok besar dengan 30 responden di SMAN 9 Malang serta 28 responden di SMAN 3 Malang.

Berdasarkan hasil dari validasi dan uji coba yang dilakukan pada pengembangan media komik android diperoleh data sebagai berikut:validasi ahlimateri 95,45%, hasil validasi ahli media96,15%, uji coba kelompok kecil 91,5%, uji coba kelompok besar di SMAN 9 Malang dengan hasil 89,2% dan 90.4% uji coba kelompok besar di SMAN 3 Malang.Berdasaekan hasil validasi dan uji coba tersebut media ini sudah valid untuk digunakan sebagai media pebelajaran.Selain itu pengembangan media komik android juga dapat digunakan sebagai tolak ukur bagi pengembang lainnya untuk menciptakan madia pembelajaran sejenis pada materi yang berbeda tentunya dengan tampilan yang lebih menarik lagi dari sebelumnya.