SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) DI DESA BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN TERHADAP PERCEPATAN PERGERAKAN HASIL TANGKAPAN

Mohammad Ainul Yaqin

Abstrak


Dalam upaya pengembangan sektor perikanan, pemerintah memainkan peran penting. Peran  tersebut adalah menyediakan berbagai  fasilitas penunjang yang dapat memberikan kemudahan  dalam melakukan usaha perikanan. Adapun  kemudahan tersebut adalah  mendapatkan sarana produksi, mendaratkan hasil tangkapan, dan menjamin pemasaran, sehingga proses produksi  sampai pemasarannya berjalan lancar. Dengan diberikannya kemudahan tersebut, pemerintah daerah Kabupaten Lamongan membuat sebuah jenis usaha Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang dapat memberikan keuntungan baik bagi pemerintah daerah Lamongan sendiri maupun masyarakat setempat. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dimaksudkan sebagai pusat pemasaran dan distribusi hasil perikanan.

Penelitian ini menggunakan rancanganpenelitian kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh dari wawancara data yang diperoleh dari informan secara langsung. Data sekunder diperoleh dari melihat beberapa literature, antara lain: catatan, buku, dokumen yang ada hubungannya dengan penelitian tersebut. Data sekunder berupa dokumen dari Sekretariat TPI Brondong, Dirjen Perikanan Tangkap Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong.

Simpulan penelitian adalah: Efektivitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong dilihat melalui efektivitas keseluruhan bahwa TPI yang merupakan sentra kegiatan perikanan tangkap dikatakan efektif karena mampu mengatasi kendala luasan TPI yang hanya 1.080  dengan sistem mengalir mulai dari kegiatan bongkar ikan, sortir, penimbangan, pelelangan hingga pendistribusian, sehingga tidak terjadi penumpukan ikan di TPI Brondong yang dapat menghambat kegiatan di TPI Brondong yang mencapai total produksi 71.626 ton pada tahun 2014 dan memiliki rata-rata produksi 196 ton per hari. Dari segi stabilitas TPI Brondong hampir selalu ada ikan dan tidak terjadi masa paceklik sehingga pasokan ikan dikatakan stabil. Selain itu produksi tahun 2014 mengalami peningkatan dari tahun 2013 ke tahun 2014 sebesar 23,21%. Selain itu segi kepuasan pengguna Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brondong dikatakan masih kurang karena masih terdapat banyak keluhan dari pengguna TPI Brondong yang berkaitan dengan kurangnya fasilitas dan kebersihan yang ada di TPI Brondong.