SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kota Tarakan: Sebuah Deskripsi Perkembangan Kota Tambang(1896-1941)

Mucklis Toni Irawan

Abstrak


ABSTRAK

 

IrawanMucklis Toni , 2016 Kota Tarakan: SebuahDeskripsiPerkembangan Kota Tambang 1896-1941. Skripsi. JurusanIlmuSejarah. FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr. R. Reza Hudiyanto, M.Hum

 

Kata Kunci: Kota Tarakan, Tambang, Perkembangan.

 

Judul ini penting diteliti karena belum banyak kajian tentang kota tambang, perkembangan Kota Tarakan merupakan topik yang menarik karena menunjukan pengaruh dominan dari investasi tambang terhadap perkembangan pemukiman. Perkembangan Kota Tarakan sebagai kota tambang 1890-1941 dipengaruhi adanya kegiatan eksplorasi minyak yang telah dimulai tahun 1896 oleh Bataavshe Petroleum Maathapij  (BPM).

Rumusan masalah skripsi ini adalah(1)bagaimana gambaran umum Kota Tarakan (2)factor apasaja yang menjadi pendorong perkembangan Kota Tarakan(3)untuk mendeskripsikan bagaimana dampak dari perkembangan Kota Tarakan sebagai kota tambang.

Penelitian ini merupakan penelitian Sejarah yang bersifat deskriptif naratif dengan menggunakan metode historis. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi.

Hasil dari penelitian ini, yaitu:perkembangan Kota Tarakan mendapat pengaruh dari kegiatan pertambangan minyak Belanda pada akhir abad ke-19 M. Pemerintah Belanda mulai mengeksploitasi tahun 1896 olehperusahaanNederlandsche Petroleum Company, dampaksosial yang ditimbulkan dari adanya pertambangan minyak di Kota Tarakan ialah banyaknya pendatang dan etnis yang tinggal di Tarakan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, diharapkan perlu kajian yang lebih mendalam mengenai sejarah Kota Tambang yang ada di Indonesia. Sehingga perlu adanya lanjutan penelitian sejenis untuk memberikan informasi tambahan mengenai sejarah perkembangan kota di Indonesia.