SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pendididkan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik di SMAN 1 Sumberrejo

MOCH ZIYAN FARODIS

Abstrak


Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang menanamkan nilai-nilai moral kemanusiaan dan adat istiadat dalam dunia pendidikan. Pendidikan karakter di sekolah diwujudkan melalui pembelajaran kelas. Pembelajaran sejarah sebagai mata pelajaran yang berhubungan dengan masa lampau bertujuan untuk menggugah dan meningkatakan pendidikan karakter melalui materi  pembelajarannya. Pembelajaran sejarah mengusung nilai pendidikan karakter yaitu, sikap-sikap nasionalisme, cinta tanah air, disiplin, peduli sosial, bertanggung jawab. Nilai pendidikan karakter tersebut terkandung dalam materi pembelajaran sejarah. Adanya peningkatan pendidikan karakter di sekolah guna meningkatkan pendidikan bangsa yang semakin menurun.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Sumberrejo, dan menganalisis tentang dampak dari pendidikan karakter pada perilaku peserta didik di SMAN 1 Sumberrejo

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara mengembangkan hasil temuan yang diperoleh di lapangan guna menemukan rumusan masalah yang dicapai. Lokasi penelitian di SMAN 1 Sumberrejo dengan informan sebagai sumber penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Sejarah, dan Peserta Didik. Prosedur penelitian kualitatif ini adalah pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode guna memperoleh kesimpulan penelitian. Tahap-tahap penelitian kualitatif ini ada empat tahap yaitu, pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan penulisan laporan.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian yaitu, perrtama,  menunjukkan bahwa guru sejarah di SMAN 1 Sumberrejo mengintergrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran melalui perencanaan dan pelaksanaan. Nilai-nilai yang muncul dalam pembelajaran sejarah adalah sikap nasionalisme, cinta tanah air, disiplin, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Nilai tersebut terkandung dalam perencanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru sejarah SMAN 1 Sumberrejo, dengan perencanaan tersebut guru sejarah mengimplementasikannya melalui pelaksanaan pembelajaran di kelas. Guru sejarah di SMAN 1 Sumberrejo mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter melalui materi yang disampaikan peserta didik dengan cara tersirat.

Kedua, dampak dari pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah yang diwujudkan pada perilaku peserta didik adalah peserta didik menjadi lebih baik, mempunyai sikap nasionalisme yang tinggi, rasa cinta tanah air, disiplin dalam pembelajaran, bertanggung jawab. Dampak yang ditimbulkan adanya pendidikan karakter bukan semata-mata untuk dilaksanakan di sekolah, tetapi juga bertujuan agar peserta didik menjadi lebih baik di luar sekolah, di masyarakat, maupun di lingkungan keluarga.