SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIA 7 dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Kepanjen.

Apriliya Laeli Hidayati

Abstrak


ABSTRAK

Hidayati, Apriliya Laeli. 2016. Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIA 7 dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Yuliati M.Hum (2) Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum

 

Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Media Flash Card, Motivasi belajar siswa

Sejauh ini proses pembelajaran sejarah merupakan kegiatan pembelajaran yang kurang menarik karena disajikan secara klasikal, yakni menghafal atau sebagai pelajaran hafalan, sehingga suasana menjadi sangat  monoton. Berdasarkan keterangan dari guru sejarah SMAN 1 Kepanjen yaitu bapak Budi Hartono serta hasil observasi peneliti, kelas X MIA 7 merupakan kelas yang bermasalah dalam pembelajaran sejarah. Banyak dari siswa yang malas dan tidak antusias saat pembelajaran berlangsung seperti bermain handphone, berbicara dengan temannya sendiri, berbicara yang tidak seharusnya, menggambar, dan mengantuk. Perilaku siswa yang menunjukkan sikap tersebut maka peneliti simpulkan bahwa kelas X MIA 7 memiliki motivasi yang kurang. Hal tersebut terbukti bedasarkan hasil observasi pra tindakan yang dilakukan peneliti bahwa kelas X MIA 7 memiliki motivasi yang rendah bila dibandingkan dengan kelas lain.Peneliti memberikan solusi dengan menggunakan media pembelajaran flash card. Flash card merupakan kartu cepat yang digunakan untuk membantu siswa dalam mengingat suatu peristiwa melalui clue atau pernyataan singkat.

Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu (1) ingin meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XMIA 7 SMAN 1 Kepanjen terhadap pembelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelajaran flash card.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan.

Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas diketahui bahwa presentase motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 68,48% dengan rincian presentase aspek minat 70,29%, perhatian 71,81%, konsentrasi 68,95%, dan ketekunan 62,86%. Motivasi belajar siswa pada siklus II sebesar 80,29%dengan rincian presentase aspek minat82,86%, perhatian84,57%, konsentrasi 81,90% dan ketekunan71, 81%.

Melalui tahap dua siklus tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flash card mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MIA 7 SMAN 1 Kepanjen. Peningkatan ini ditunjukkan dengan presentase motivasi belajar pada siklus I sebesar 68,48% meningkat menjadi 80,29% pada siklus II.

Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu dengan adanya keterbatasan waktu dalam penelitian ini, maka perlu dilakukan penelitian lebih mendalam pada penggunaan media flash card mengenai motivasi siswa. Selain motivasi, peneliti selanjutnya juga disarankan untuk dapat melakukan penelitian mengenai hasil belajar siswa melalui media flash card.

ABSTRACT

Hidayati, Apriliya Laeli. 2016. The Use of Flash CardsMedia to Improve Learning Motivation ofX MIA 7 Students in History Learningat SMAN 1 Kepanjen. Thesis, History Department, Faculty of Social Science, State University of Malang. Supervisors: (1) Dra. Yuliati M.Hum (2) Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum

Keywords: History Learning, Flash CardsMedia, Students’ Learning Motivation

So far, History teaching and learning activity in the class is kind of unattractive classroom activity since it is presented in classical way, namely memorizing or retaining history materials; thus, the classroom atmosphere during the course is monotonous. Based on the explanation of history teacher of SMAN 1 Kepanjen, Mr. Budi Hartono, and the result ofresearcher’s observation, X MIA 7 class is a class having problem with history subject. Most of the students are lazy and uninterested during the lesson shown by their misbehave attitude like playing the phone during the lesson, chatting with their friends, saying bad words, drawing, and feeling sleep. These attitudes make the researcher creating a conclusion that X MIA 7 class is unmotivated. It is proven by pre-action observation done by the researcher showing that X MIA 7 class has low motivation compared to the other classes. The researcher provides solution for this problem by using Flash Cards learning media. Flash Cards learning media are flash cards used to help student remember an event through the clue or short statement in the card.

The objective of this study is (1) to improve learning motivation of students of X MIA 7 SMAN 1 Kepanjen towards history lesson by using flash cards media.Design of this study is Classroom Action Research (CAR) which consists of some stages namely, planning, acting, observing, and reflecting. This study consists of two cycles; both of which are implemented in two meetings.

Based on the result of this Classroom Action Research study, the percentage of students’ learning motivation in cycle I is 68.48% modifying aspect of interest 70.29%, attention 71.81%,concentration 68.95%, and persistence 62.86%. In addition, in the cycle II, students’ learning motivation is aspect of interest 80.29%, attention 84.57%, concentration 81.90%, and persistence 71.81%.

Through those to cycles, it can be concluded that flash cards media can improve learning motivation of students of X MIA 7 SMAN 1 Kepanjen. The improvement is showed by the increasing percentage of learning motivation in cycle I which is 68.48% to 80.29% in the cycle II.

Suggestion for the next researcher is since there is time limitation of this study, further in-depth study is needed on the use of flash cards media towards students’ learning motivation. Besides, future researcher is also suggested to see the result of students’ learning using flash card media.