SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SEJARAH LOKAL MELALUI KAJIAN ARSITEKTUR MASJID KUNO TAWANGSARI TULUNGAGUNG UNTUK KELAS XI IIS SMAN 1 KEDUNGWARU

CICI SETIYOWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiyowati, Cici. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sejarah Lokal melalui Kajian Arsitektur Masjid Kuno Tawangsari Tulungagung untuk Kelas XI IIS SMAN 1 Kedungwaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M.Hum.

 

Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, sejarah lokal

Pengembangan bahan ajar buku teks berbasis sejarah lokal dengan judul Budaya Islam dalam Seni Bangunan Masjid Lokal:Kajian Arsitektur Masjid Lokal TawangsariTulungagung dilatarbelakangi oleh temuan masalah rendahnya ketersediaan buku teks berbasis sejarah lokal dan pemahaman peserta didik yang masih rendah terhadap situs lokal yang ada disekitarnya, serta waktu belajar kelas “peminatan” pada materi Islam lebih sedikit dibanding dengan kelas “wajib”.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan bahan ajar sejarah berbasis sejarah lokal dalam bentuk buku teks tambahan melalui kajian arsitektur Masjid Kuno Tawangsari dengan materi sistem pemerintahan sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam di Indonesia yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini dan bagaimana uji coba produk di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Buku teks ini dikembangkan agar guru lebih mudah dalam melakukan proses pembelajaran sejarah yang berkaitan dengan sejarah lokal dan mempermudah peserta didik dalam memahami sejarah lokal disekitar lingkungannya.

 

Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah-langkah adaptasi Sugiyono yaitu (1) potensi dan masalah, yaitu mengenai kebutuhan bahan ajar. (2) Pengumpulan data dengan melakukan penelitian arkeologi disertai kajian pustaka. (3) Desain produk, berupa buku teks dengan judul Budaya Islam dalam Seni Bangunan Masjid Lokal:Kajian Arsitektur Masjid Lokal Tawangsari Tulungagung. (4) Validasi desain, yaitu produk bahan ajar divalidasi oleh ahli materi bahan ajar. (5) Revisi desain, dilakukan sesuai saran/komentar validator. (6) Uji coba produk dalam skala kecil dengan n -10. (7) Revisi produk sesuai dengan keluhan peserta didik dalam uji coba skala kecil. (8) Uji coba pemakaian dalam skala besar di kelas XI 10 IIS SMAN 1 Kedungwaru.

Hasil uji coba lapangan di SMAN 1 Kedungwaru mengenai kefektivitas buku menunjukkan skor 83,8%. Pada uji pemakaian ditemukan data nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan dari rata-rata 60 menjadi 93,6. Dengan demikian, produk buku teks layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Saran yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) buku teks dapat dimanfaatkan oleh guru dan peserta didik dalam proses belajar dan pembelajaran baik di dalam kelas, maupun di luar kelas. (2) Buku teks dapat diproduksi massal dan dipergunakan untuk kelas XI IIS di SMA/MA se-Tulungagung. (3) Buku teks berbasis sejarah lokal dapat dikembangkan kembali dengan inovasi desain yang lebih menarik dengan cakupan materi yang lebih luas dan penambahan bahan ajar dalam bentuk CD, agar mudah diakses oleh peserta didik dalam bentuk softfile.

ABSTRACT

Setiyowati, Cici. 2016. Instructional Materials Development Based on Local History through the Study of Ancient Mosque Architecture Tawangsari Tulungagung for Class XI IIS SMAN 1 Kedungwaru. Thesis, History Education Studies Program, Department of History, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Supervisor: Dr. Ari Sapto, Hum.

Keywords: development, instructional materials, local history

Development of teaching materials textbooks based on local history titled The Islamic Culture in the Art of Building the Mosque Local:Study of Mosque Architecture Local Tawangsari Tulungagung backed by the findings of the problem is the low availability of text books based on local history and understanding of learners is still low on the sites of existing local surrounding. As well as classroom learning time “peminatan” the Islamic material is smaller than the class “wajib”.

Research and development aimed to find out how the process of development of teaching materials of history based on local history in book form additional text by studying architecture Old Mosque Tawangsari with material governmental system of social, economic, and Indonesian culture during the great Islam kingdoms in Indonesia, influential to lives of Indonesian todayand how to test the product in SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Textbooks have been developed for teachers to more easily in the process of teaching history to do with local history and facilitate the learners in understanding local history around their environment.

The procedure uses the research and development of adaptation measures Sugiyono namely (1) the potentials and problems: the need for teaching materials. (2) The collection of data by conducting archaeological research with literature review. (3) Design product, in the form of a textbook titled The Islamic Culture in the Art of Building the Mosque Local:Study of Mosque Architecture Local Tawangsari Tulungagung. (4) Validate design, that product is validated by expert instructional materials teaching materials. (5) Revision of design, carried out in accordance suggestions/comments validator. (6) Test the product on a small scale with n -10. (7) Revision products according to the complaint learners in small-scale trials. (8) Trial use on a large scale in class XI 10 IIS SMAN 1 Kedungwaru.

The results of field trials in SMAN 1 Kedungwaru on the effectiveness of the book showed a score of 83.8%. On the use of test data found the average value of students has increased from an average of 60 to 93.6. Thus, the product worth the textbooks used in the learning process.

Suggestions were used in this study were (1) the text book can be used by teachers and learners in the learning process and learning both in the classroom and outside the classroom. (2) Textbooks can be mass produced and used for class XI IIS in SMA/MA Tulungagung. (3) Textbooks can be developed based on local history back with more interesting design innovations with a wider range of material and additional teaching materials in the form of a CD, to be easily accessed by learners in the form softfile.