SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ISPRING PADA MATERI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA BAGI SISWA KELAS XI IIS SMAN 1 LAWANG

Chabiba Rochma

Abstrak


ABSTRAK

Rochma, Chabiba. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Ispring Pada Materi Pergerakan Nasional Indonesia Bagi Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. 

Kata Kunci: media pembelajaran, Ispring     

Pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas XI IIS SMAN 1 Lawang cenderung masih monoton, maksudnya guru sejarah masih menggunakan media pembelajaran hanya sebatas gambar dan peta konsep. Padahal saat ini sudah banyak tersedia media pembelajaran yang lebih canggih sesuai dengan kemajuan IPTEK. Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran tersebut menyebabkan siswa tidak tertarik pada pelajaran sejarah dan hasil belajar siswa menjadi rendah yakni di bawah KKM sebesar 78. Berdasarkan masalah yang telah diuraikan maka diperlukan adanya inovasi dalam pembelajaran sejarah. Media pembelajaran sejarah berbasis Ispring diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari sejarah.

Penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran sejarah berbasis Ispring. Media tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Pergerakan Nasional Indonesia bagi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang. Alasan dipilihnya media ini karena mudah dioperasikan dengan baik oleh siapapun penggunanya, sebab media ini akan diintegrasikan dalam Microsoft Powerpoint. Hal ini menyebabkan guru sejarah yang awam dengan media tersebut dapat dengan mudah mengoperasikannya. Selain itu terdapatnya macam-macam fitur aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai variasi dalam pembelajaran sejarah pada materi pergerakan nasional Indonesia.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono. Adapun tahapan-tahapannya yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket dan tes.

Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini setelah direvisi berupa media pembelajaran sejarah berbasis Ispring pada materi pergerakan nasional Indonesia bagi siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang. Produk tersebut telah diuji cobakan dengan hasil validasi dari ahli materi menunjukkan presentase sebesar 86,36% dan ahli media dengan presentase sebesar 97,72%, sehingga media ini dinyatakan valid dan dapat diuji cobakan. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok kecil yaitu di kelas XI IIS 3 menunjukkan presentase sebesar 84,77% dan uji coba lapangan di kelas XI IIS 2 dengan presentase sebesar 77,71%. Selain itu juga diperoleh data hasil belajar siswa melalui pretes dan postes yaitu menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IIS 2 sebelum menggunakan produk sebesar 62,44 dan setelah menggunakan produk sebesar 85,19. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah berbasis Ispring ini efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah materi pergerakan nasional Indonesia.

Saran yang terkait untuk penelitian ini yakni (1) guru disarankan untuk mempelajari petunjuk pemanfaatan media dan mempersiapkan alat-alat pendukung seperti laptop, LCD proyektor dan speaker, serta diharapkan mampu menguasai teknik pembuatan media pembelajaran ini, sehingga dapat membuat sendiri media pembelajaran tersebut sesuai kreativitas yang dimilikinya; (2) bagi SMAN 1 Lawang diharapkan mampu memberikan fasilitas yang lengkap kepada guru untuk mengembangkan kemampuannya dalam membuat media pembelajaran; (3) bagi SMA lainnya dapat dijadikan pertimbangan sebagai media pembelajaran dalam mengajarkan materi pergerakan nasional Indonesia; serta (4) bagi para pengembang lain yang akan melakukan pengembangan media pembelajaran menggunakan software Ispring Presenter 8 diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dalam penyusunannya yaitu meliputi layout, kuis, dan flash.