SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Encarta dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Usaha Perjalanan Wisata (UPW) SMK Negeri 1 Malang Semester Gasal 2016/2017

Mochammad Nur Hidayat

Abstrak


ABSTRAK

Hidayat, Mochammad Nur. 2016. Penggunaan Media Encarta dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Usaha Perjalanan Wisata (UPW) SMK Negeri 1 Malang Semester Gasal 2016/2017. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Najib Jauhari, S.Pd, M.Hum, (2) Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Encarta, Media Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah, Motivasi Belajar, SMK Negeri 1 Malang.

Pada proses pembelajaran sejarah kerap ditemukan permasalahan berupa rendahnya tingkat motivasi belajar siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas XI UPW SMK Negeri 1 Malang ditemukan rendahnya motivasi belajar siswa. Pada proses pembelajaran sejarah siswa terlihat melamun, kurang bersemangat, dan berbicara dengan teman sebangkunya. Peneliti menyimpulkan bahwa rendahnya motivasi dikarenakan guru kurang memanfaatkan media yang ada untuk menunjang pembelajaran sejarah. Media Encarta dipilih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Media Encarta merupakan media dengan beberapa fitur menarik dan berisikan materi sejarah sehingga diharapkan pembelajaran sejarah tidak lagi membosankan dan dapat menarik perhatian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan media Encarta dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI UPW SMK Negeri 1 Malang.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rincian prosedur penelitian yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan per siklusnya. Materi pada siklus I pertemuan I adalah melacak perburuan mutiara dari timur dan materi pada pertemuan II adalah kemaharajaan VOC. Materi siklus II pada pertemuan I dan II adalah masa pemerintahan Republik Bataaf.

Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini diketahui bahwa penggunaan media Encarta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa lebih perhatian, semangat dan aktif dalam belajar sejarah. Persentase tingkat motivasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi dan hasil angket motivasi siswa yaitu sebelum tindakan sebesar 71,92% dengan kategori baik, meningkat pada siklus I sebesar 74,72% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II sebesar 81,14% dengan kategori sangat baik.

Melalui penelitian dua siklus tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Encarta dalam pembelajaran Sejarah Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Usaha Perjalanan Wisata (UPW) SMK Negeri 1 Malang semester gasal 2016/2017 mengalami peningkatan melalui aspek penilaian lembar angket motivasi belajar siswa.

Saran peneliti setelah diterapkannya media Encarta ini bagi guru sejarah SMK Negeri 1 Malang diharapkan dapat digunakan untuk pembelajaran sejarah Indonesia sebagai salah satu media pembelajaran yang inovatif di kelas. Selain itu siswa SMK Negeri 1 Malang diharapkan mampu menggunakan media Encarta sebagai sumber belajar sejarah.