SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk Mningkatakn Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS 3 di SMA Panjura Malang

BERNARDINUS REALINO TISNA F.T

Abstrak


Hasil belajar peserta didik di SMA Panjura Malang masih sangat rendah, khususnya di mata pelajaran sejarah. Beberapa model pembelajaran yang digunakan seperti Jigsaw, Role Playing, dan Mind Mapping belum mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kendala utamanya adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap masalah dan metode belajarnya yang cenderung menghafal, serta cara mengajar guru yang cenderung teacher centered. Kurikulum 2013 memiliki model pendekatan konstruktivisme yang lebih berpusat pada peserta didik untuk menciptakan, memahami dan menemukan permasalahan. Salah satu model pembelajaran kurikulum 2013 adalah Problem Based Learning (PBL) yang digunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA panjura, khususnya kelas XI IPS 3 yang mendapatkan nilai paling rendah pada mata pelajaran sejarah.

Peneliti memilih model pembelajaran PBL di SMA Panjura karena peserta didik sering mengunakan metode menghafal dalam pelajaran sejarah sehingga tidak mampu menganalisis dan menjelaskan pokok permasalahan dalam pembelajaran, kemampuan menghafal peserta didik sangat terbatas dan resiko untuk lupa sangat tinggi. Tujuan penerapan model pembelajaran ini adalah agar peserta didik dapat berfikir rasional untuk memahami permasalahan dan memudahkan memahami pertanyaan dan menjawab soal.

Penelitian dilakukan dalam dua Siklus dalam materi Revolusi Besar Dunia, pada Siklus 1 banyak poin penting dalam model PBL yang tidak dilaksanakan sehingga peserta didik kebingungan dan hasilnya kurang maksimal. Pada Siklus 2 peserta didik mengalami peningkatan dalam keaktifan, diskusi, dan mencari permasalahan sehingga nilai pos tes terakhir meningkat pesat. Hasil dari Siklus 1 dan Siklus dua menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat menigkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Panjura Malang.