SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Dander Bojonegoro Tahun Pelajaran 2016/2017

Efha Listiana Dewi

Abstrak


ABSTRAK

Dewi,Efha Listiana. 2016. Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Dander Bojonegoro Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Sejarah, Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd, (II) Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum.

Kata Kunci: pendidikan karakter, Kurikulum 2013, pembelajaran sejarah.

SMA Negeri 1 Dander merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Bojonegoro yang memiliki permasalahan terkait dengan implementasi pendidikan karakter. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, kelas X-IPS dipandang sebagai kelas yang bermasalah dibandingkan dengan kelas X-IPA. Permasalahan tersebut mencakup kurangnya sopan santun dalam menyampaikan pendapat, kedisiplinan, kejujuran, dan tanggung jawab peserta didik ketika mengikuti pembelajaran sejarah. Selain itu, secara psikologis, usia peserta didik mengalami perubahan dari jenjang pendidikan menengah pertama menuju pada jenjang usia menengah atas, sehingga dalam pengembangan karakter dibutuhkan bimbingan lebih lanjut. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana implementasi nilai pendidikan karakter Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Dander Bojonegoro tahun pelajaran 2016/2017, dan (2) bagaimana pelaksanaan penilaian pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Dander Bojonegoro tahun pelajaran 2016/2017.

Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan dalam penelitian ini, yaitu (1) menjelaskan bagaimana implementasi nilai pendidikan karakter Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Dander Bojonegoro tahun pelajaran 2016/2017, dan (2) menjelaskan pelaksanaan penilaian pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 1 Dander Bojonegoro tahun pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Tahapan penelitian dilakukan dengan melalui tahap pralapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Tahap analisis data dilakukan secara induktif, mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah di SMA Negeri 1 Dander Bojonegoro dapat dikatakan belum maksimal dalam mengimplementasikan nilai pendidikan karakter Kurikulum 2013. Berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap rencana pembelajaran yang tertuang dalam RPP belum menunjukkan ranah afektif, namun sesuai dengan tujuan pembelajaran yang masih bersifat kognitif. Namun, ketika kegiatan pembelajaran berlangsung guru sejarah mengembangkan karakter peserta didik melalui sikap keteladanan tokoh sejarah, contohnya Ratu Sima yang menjunjung tinggi kejujuran. Pada pelaksanaan penilaian, guru sejarah di SMA negeri 1 Dander menggunakan penilaian sikap dengan teknik observasi atau pengamatan secara langsung terhadap aktivitas peserta didik dan portofolio, sehingga aktivitas peserta didik dapat dipantau secara terus menerus.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran sejarah, banyak nilai karakter yang dapat diimplementasikan pada peserta didik. Namun, dalam penelitian ini masih terdapat kekurangan terkait dengan rencana pembelajaran atau RPP. Oleh karena itu, diharapkan di dalam RPP telah memuat karakter yang hendak dicapai pada tujuan pembelajaran, diperjelas dengan lampiran materi dan penilaian pembelajaran sejarah.