SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peranan Pesawat Tempur Generasi Ketiga Dalam Kancah Perang Udara di Vietnam (1965-1972)

Satria Budhi Wicaksono

Abstrak


ABSTRAK

Wicaksono Satria Budhi. 2016. Peranan Pesawat Tempur Generasi Ketiga Dalam Kancah Perang Udara di Vietnam (1965-1972). Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembiming Drs.Marsudi, M.Hum.

Kata kunci: Pesawat, Tempur, GenerasiKetiga, PerangUdara, Vietnam.

Perang Vietnam tidak lepas dari pengaruh politik dunia. Mengingat Vietnam sendiri merupakan negara yang baru lepas dari jajahan Perancis dan pendudukan Jepang. konflik di Vietnam terjadi di berbagai medan pertempuran salah satunya di wilayah udara dengan pesawat tempur yang jauh lebih modern daripada masa PD II. Peranan pesawat tempur menjadi signifikan di pihak Vietnam Utara dan Selatan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)bagaimana jalannya perang Vietnam pasca intervensi Amerika Serikat, (2)bagaimana perkembangan teknologi pesawat tempur pasca PD II hingga perang Vietnam 1945-1972, (3)bagaimana peranan pesawat tempur generasi ketiga dalam perang udara di Vietnam 1965-1972.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yaitu ,kegiatan penelitian dengan bahan data darisumber-sumber pustaka.Dalam penelitian ini memiliki empat tahapan yaitu menyiapkan alat bantu penelitian, membuat bibliografi,manajemen waktu, dan mengolah data penelitian. Dalam penelitian kepustakaan perlu menyiapkan alat yang dapat membantu pengumpulan data selama proses penelitian dan menyimpan catatan penelitian.

Hasil penelitian ini adalah: (1)pasca keterlibatan Amerika Serikat (AS) perang saudara antara Vietnam Utara dan selatan menjadi semakin meluas hingga ke Laos dan Kamboja.Vietnam Utara dan pemberontak di selatan mendapat dukungan dari komunis Uni Soviet dan Cina dalam sarana dan prasarana militer, (2)pesawat tempur MiG-15 dan F-86 adalah pesawat jet genrasi pertama yang bertempur pada masa perang Korea. Evaluasi persenjataan dan desain dari pesawat diperbaiki pasca berakhirnya perang Korea. Generasi ke dua dan ketigaditerjunkan pada masa perang Vietnam Generasi ketiga pesawat tempur dimulai pada kisaran tahun 1960-an seperti F-4 dan MiG-21, (3)selama perang Vietnam Presiden AS Lyndon B. Johnson mengelaroperasi pengeboman dengan kode Operation Rolling ThunderF-4 mengwal F-105 dan B-52.PihakVPAF yang bersifat defensif menerjunkan MiG-17 dan MiG-21sebagai Interceptor. Operasi Rolling Thunder dihentikan pada masa jabatan Presiden Ricard Nixon. Dan operasi pengeboman baru digelar dengan kode Operation Linebacker I & II tujuannya untuk menyeret Vietnam Utara kemeja perundingan tapi gagal.

Penelitian mengenai perkembangan teknologi selama masa konflik masih perlu dikembangkan. Mengingat perang bukan hanya sebuah tragedy melainkan kejadian kompleks. Banyak penemuan baru di bidang teknologi seperti lontar dan rudal dimana pertempuran antar pesawat tempur dapat dimulai dari jarak jauh.