SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS dengan memanfaatkan flipbook sebagai sumber belajar sejarah di madrasah aliyah zainul hasan 1 genggong probolinggo

Achmad Akbar Holis

Abstrak


ABSTRAK

Achmad Akbar Holis. 2016. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS dengan Memanfaatkan Flip Book sebagai Sumber Belajar Sejarah di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 1 Genggong Probolinggo. Skripsi.Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Ari Sapto M.Hum, (II) Najib JuhariS.Pd M.Hum.

Kata Kunci :Pemanfaatan Flip Book, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah.

Pembelajaran sejarah seringkali dianggap sebagai pembelajaran yang membosankan oleh peserta didik, karena guru lebih dominan menyampaikan materi sedangkan peserta didik hanya mendengarkan saja. Faktor penyebab lainnya adalah kurangnya inovasi baru dalam pembelajaran sejarah. Dalam kaitannya dengan kondisi tersebut, pemanfaatan sebuah Flip Book diharapkan dapat menjadi alternative pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan : (1) pemanfaatan Flip Book sebagai sumber belajar sejarah, (2) pemanfaatan Flip Book untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS I pada matapelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Zainul Hasan I Genggong Probolinggo.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan (observasi), wawancara dan kuesioner (angket). Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data melalui pedoman wawancara, kuesioner (angket), lembar catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui keefektifan tindakan dan kemudian hasil dari evaluasi akan digunakan sebagai bahan refleksi yang dimaksudkan upaya untuk mengkaji proses. Penentuan taraf keberhasilan minat belajar dilakukan melalui hasil kuesioner setelah penerapan Flip Book, dan peserta didik dikatakan berminat jika hasil persentase keberhasilan tindakan yang dicapai diatas 65%.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemanfataan Flip Book sangat efektif untuk digunakan sebagai sumber belajar sejarah, hal ini dapat dilihat pada saat proses kegiatan belajar berlangsung, bahwa peserta didik sangat berminat mengikuti kegiatan pembelajaran sejarah. Flip Book juga memberikan inovasi baru dalam pembelajaran sejarah, (2) adanya peningkatan minat belajar dari siklus I (64,18%) (KurangBerminat) kesiklus II (82,75%) (Berminat) yaitu sebesar (18,57%).

Untuk menyempurnakan pemanfaatan Flip Book, peneliti memberikan saran yaitu pemanfaatan Flip Book dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah ataupun pada pembelajaran lainnya dan pemanfaatan Flip Book bisa terus dikembangkan sesuai dengan versi terbaru agar tampilan Flip Book menjadi lebih menarik serta lebih mudah digunakan untuk pembelajaran sejarah.