SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ABSTRAK Nurianti, Dwi Selly. 2016. Implementasi Penilaian Hasil Belajar berdasarkan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 2 Malang

dwi selly nurianti

Abstrak


ABSTRACT

 

Nurianti, Dwi Selly. 2016. Implementasi Penilaian Hasil Belajar berdasarkan 

Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 02 Malang.

Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri

Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Legawa, M.Si, (II) Drs.

Marsudi, M.Hum.

Kata Kunci: Penilaian Hasil Belajar, Kurikulum 2013, Penilaian Autentik

Kurikulum 2013 merupakan kebijakan baru untuk meningkatkan mutu

pendidikan di Indonesia sebagai pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Sejak tahun 2013 pemerintah menetapkan Kurikulum 2013 untuk diterapkan

diseluruh sekolah di Indonesia. Perombakan dari Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan ke Kurikulum 2013 cukup signifikan dalam hal tataran konsep

kurikulum, buku, pembelajaran dan penilaian. Komponen-komponen Kurikulum

2013 seperti penilaian yang implementasinya belum dilaksanakan secara optimal

sesuai dengan standar penilaian Kurikulum 2013.  Guru sebagai tenaga pendidik

harus mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, apalagi yang berkaitan dengan

penilaian hasil belajar yang sesuai dengan standar penilaian Kurikulum 2013.

Namun dalam kenyataanya, seringkali penilaian hasil belajar yang sesuai dengan

standar masih diabaikan. Fenomena ini jugaterjadi di SMAN 2 Malang. Hal tersebut

yang menarik minat peneliti untuk mengkaji implementasi penilaian hasil belajar

berdasarkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah di SMAN 2 Malang.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana

rencana pelaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013

pembelajaran sejarah di SMAN 2 Malang (2) Bagaimana pelaksanaan penilaian

hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 pembelajaran sejarah di SMAN 2

Malang. 

Penelitan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan rencana

pelaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013 di SMAN 2

Malang dan pelaksanaan penilaian hasil belajar berdasarkan Kurikulum 2013

pembelajaran sejarah di SMAN 2 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian

deskriptif. Informan adalah guru sejarah SMAN 2 Malang. Teknik pengumpulan

data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Data yang

diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis model interaksi Miles dan

Huberman dengan tahapan (1) pengumpulan data, (2) reduksi dan penyajian data,

(3) penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut :

(1) Persiapan penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 pembelajaran sejarah di

SMAN 2 Malang guru cukup memahami persiapan yang harus dilakukan sebelum

melakukan penilaian. Meskipun terdapat beberapa komponen yang belum

dilakukan oleh guru sejarah sesuai denganKurikulum 2013. Persiapan yang belum

dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan standar yaitu penyusunan kisi-kisi dan

pelaksanaan ujian harian serta penggunaan ranah afektif. (2) Pelaksanaan penilaian

hasil belajar Kurikulum 2013 pembelajaran sejarah di SMAN 2 Malang. Guru

sejarah di SMAN 2 Malang melaksanakan penilaian secara maksimal akan tetapi

masih bersifat kondisional. Guru sejarah bersifat kondisional terhadap keadaan

siswa dan sekolah serta disesuaikan dengan otoritas guru sebagai pelaksanaan

penilaian. Pelaksanaan penilaian yang diterapkan belum semua sesuai dengan

standar penilaian Kurikulum 2013.

Saran dalam penelitian ini adalah : (1) Bagi guru harapannya terus

berupaya untuk meningkatkan pemahaman terhadap Standar Penilaian pendidikan

agar penilaian dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan pemerintah, (2).

Bagi sekolah secara berkala melakukan kegiatan workshop, seminar mengenai

evaluasi hasil belajar sehingga guru dapat memahami hakikat penilaian dengan baik

dan meningkatkan kualitas mengenai cara melakukan persiapan serta pelaksanaan

penilaian, (3). Fokus penelitian masih sempit sehingga bagi peneliti selanjutnya

disarankan untuk memperluas populasi penelitian.

ABSTRAK

Nurianti, DwiSelly. 2016. Implementation of Learning AssessmentOn Curriculum

2013 In History Learning at SMAN 02 Malang. Thesis, Department of

History, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Advisor:

(I) Drs. I WayanLegawa, M.Si, (II) Drs. Marsudi, M.Hum.

Keywords: Learning Assessment, Curriculum 2013, AutenticAssesment

Curriculum 2013 is a new policy to improve the quality of education in

Indonesia in alternate Education Unit Level Curriculum. Since 2013 the

government set the curriculum in 2013 to be implemented in all schools in

Indonesia. An overhaul of the Education Unit Level Curriculum for 2013 is quite

significant in terms of the level of the concept of curriculum, books, learning and

assessment. Components of Curriculum 2013 as assessment of implementation has

not been implemented optimally match the curriculum assessment standards in

2013. Teachers as educators should be able to do their job properly, especially with

regard to assessment in accordance with the  learning assessment standards in

curriculum 2013. But in reality, often thelearning  of assessment  accord with

Standards are still ignored. This phenomenon also occurs in SMAN 2 Malang. The

thing that interests researchers to examine Implementation of Learning

AssessmentOn Curriculum 2013 In History Learning at SMAN 02 Malang.

Issues examined in this study: (1) How is the preparation of learning

assessment in curriculum 2013 the history learning SMAN 2 Malang (2) How is the

implementation of learning assessmenton curriculum 2013 in history learning at

SMAN 02 Malang.

This research carried the aim to describe preparation of learning

assessment in curriculum 2013 the history learning SMAN 02 Malang and

implementation of learning assessmenton curriculum 2013 in history learning at

SMAN 02 Malang

This research used a qualitative approach with descriptive research. The

informant is a history teacher SMAN 2 Malang. Data collection techniques used

were interviews, observation and document study. Data were analyzed using

analysis of interaction models with stages Miles and Huberman (1) data collection,

(2) reduction and presentation of data, (3) conclusion and percentage analysis. 

Based on results this research obtained two conclusions that : (1)

Preparation of learning assessment in curriculum 2013 the history learning SMAN

02 Malangquite understand the preparation that must be done before making

judgments. Although there are several components that have not been carried out

by a history teacher in accord the curriculum of 2013. The preparation has not been

implemented optimally within their standards, namely the preparation of the grating

and implements selected Daily Exam and use the affective domain. (2).

Implementation of learning assessmenton curriculum 2013 in history learning at

SMAN 02 Malang. History teacher at SMAN 2 Malang implement assesment

maximally but still conditional. The history teacher is conditional on the situation

of students and schools as well as adapted to the teacher's authority as executor

assessment. Besides more conditional, teachers less receive the socialization of

assessment in curriculum 2013 that must be practiced in the field. So that not all

ratings are applied in accordance with the standard curriculum in 2013.

Suggestions in this study are: (1) For the teacher hopes continually strive

to improve their understanding of education Assessment Standards that assessment

is made according to the procedures set by the government, (2). For schools

regularly conduct workshops, seminars on the evaluation of the results of A

Learning so that teachers can understand the nature of good judgment and improve

the quality of how to do the preparation and implementation of the assessment, (3).

The focus of research is still narrow so for further research is recommended to

extend the study population.

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT yang telah

melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan

skripsi dengan judul “Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan

Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 02 Malang”.

 Skripsi ini terwujud berkat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu

penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Ibu Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd selaku Dekan Fakultas IlmuSosial yang menaungi

Jurusan Sejarah dan telah memberikan ijin penyusunan skripsi ini.

2. Bapak Dr. Joko Sayono, M.Pd, M.Hum selaku Ketua Jurusan Sejarah Fakultas

Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang  yang  telah memberikan kemudahan

dalam proses penyusunan skripsi ini.

3. Bapak Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd selaku dosen penguji yang telah

meluangkan waktu dan pikirannya untuk membantu menyelesaikan penulisan

skripsi.

4. Drs. I Wayan Legawa, M.Si selaku dosen pembimbing I yang telah

meluangkan waktu dan pikirannya untuk membantu menyelesaikan penulisan

skripsi.

5. Drs. Marsudi, M.Hum selaku dosen pembimbing II yang telah memberikan

bimbingan, pengarahan, masukan dan saran selama proses penulisan skripsi.

6. Drs. Muksin danYuli Hastuti,S.Pd, M.Pd selaku guru Sejarah di SMAN 2

Malang yang sangat membantu dalam penelitian ini.

7. Siswa-siswi kelas X IIS 2 danKelas XI MIPA 1 SMAN 2 Malang.

8. Kedua orang tua penulis Nur Rokhimin dan Siti Rohma, kakak EkaVivianti

dan adik kecilku Vivi Puti Ardiansyah yang telah memberikan kasih sayang,

dukungan baik moril maupun materil, bimbingan serta doa kepada penulis

sehingga dapat menyelesaikan penulisan skripsi.

9. Sahabat-sahabatku Kontrakan Pink Mbok (Bunga P.), Tika (Kartika Tri L.),

Mak (R. Wiga), FebrinaWahyuning T, dan pengunjung setianya serta teman

diskusiMbak Gaga (Olga Gusfi P), Zen Hasan, VinnyAprilia, NoviaIsniawati,

A. Rozikin, Dimas Indaranata, PututNugraha W, Aditya W. terimakasih sudah

membantu dan memberikan bantuan moril.

10. Teman-teman seperjuangan Pendidikan Sejarah Offering A 2012 terimakasih

sudah membantu dan memberikan dukungan.Serta semua pihak yang tidak

dapat disebutkan satu persatu yang telah ikut membantu dalam penyelesaian

skripsi ini.

Segala upaya telah penulis lakukan untuk menyempurnakan skripsi ini,

tetapi penulis menyadari bahwa dalam skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan.

Dengan demikian pembaca dapat memberikan kritik dan saran untuk perbaikan

penulisan skripsi selanjutnya. Semoga dengan ditulisnya skripsi ini dapat

bermanfaat bagi semua mahasiswa Universitas Negeri Malang maupun bagi

 

pembaca lainnya.