SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN LESSON STUDY DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS (SEJARAH) KELAS VII DI MTS SURYA BUANA MALANG

Ika . Rudyharti

Abstrak


ABSTRAK

Rudyharti, Ika. 2009. Penerapan Lesson Study dalam Proses Pembelajaran IPS (Sejarah) Kelas VII di MTs Surya Buana Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Mashuri, M.Hum.

 

Kata Kunci: Lesson Study, Pembelajaran IPS (Sejarah).

 

Berbagai latar belakang siswa dan kebijakan sekolah membuat guru, terutama guru IPS, harus melaksanakan inovasi model pembelajaran. Namun, dalam kenyataannya guru masih banyak yang menggunakan metode konvensional  (seperti ceramah) yang sudah tidak relevan untuk diterapkan dan kurang memancing keaktifan siswa. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan, berbagai metode kooperatif diterapkan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti, proses pembelajaran yang terjadi di MTs Surya Buana Malang menggunakan metode konvensional, terutama pada mata pelajaran IPS. Untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, salah satunya dapat dilakukan dengan penerapan metode-metode kooperatif yang dilaksanakan dalam kegiatan Lesson Study.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan kegiatan Lesson Study dalam pembelajaran IPS (Sejarah) di MTs Surya Buana Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan lesson study dalam pembelajaran IPS (Sejarah) di MTs Surya Buana Malang.

Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif. Dalam penelitian ini selain memaparkan kegiatan lesson study, juga berusaha untuk menggambarkan profesionalisme guru IPS dengan adanya pelaksanaan lesson study tersebut. Tindakan yang diberikan pada penelitian ini berupa penerapan Lesson Study yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu plan (perencanaaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi).

Subyek dalam penelitian ini adalah guru IPS, siswa kelas VII-A, dan ruang kelas VII MTs Surya Buana Malang dengan jumlah 24 siswa, yang terdiri dari 11 siswa putri dan 13 siswa putra. Pokok bahasan yang dibelajarkan adalah tentang perkembangan masyarakat masa Hindu-Budha di Indonesia. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan Lesson Study, dokumen, catatan lapangan dan pedoman wawancara. Instrumen tindakan yang digunakan meliputi LKS, kartu soal, dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahapan Lesson Study (plan, do, dan see) dilaksanakan dengan baik bersama pihak guru dan observer lainnya serta dapat digunakan untuk perbaikan pada kegiatan Lesson Study selanjutnya, (2) nilai rata-rata siswa kelas VII A mengalami peningkatan dari 47,22 menjadi 54,04 atau sekitar 13%.

Penerapan Lesson Study pada pelajaran IPS (Sejarah) dengan metode NHT (Number Head Together) di kelas VII A MTs Surya Buana Malang telah terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan terlaksananya seluruh tahapan dalam Lesson Study yang diikuti adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa setelah post test dilaksanakan.

Kesimpulan dari penelitian ini: (1) Kegiatan Lesson Study dilaksanakan satu persatu berdasarkan 3 tahapan, yaitu plan, do, dan see. Ketiga tahapan tersebut bisa dilaksanakan dengan baik dan dapat dilanjutkan untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya, (2) Kendala yang dihadapi adalah konsistensi guru-guru yang tergabung dalam kelompok Lesson Study untuk hadir dalam setiap tahapan Lesson Study. Selain itu, pengetahuan yang lebih mengenai pelaksanaan Lesson Study dan metode kooperatif lain juga diperlukan sehingga pelajaran IPS dapat disajikan semenarik mungkin serta mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, (3) Pelaksanaan kegiatan Lesson Study yang telah dilaksanakan memunculkan efek samping berupa peningkatan nilai siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa kelas VII A dari 47,22 menjadi 54,04. Jumlah siswa yang memenuhi SKM (65 ke atas) juga bertambah, dari 6 siswa menjadi 13 siswa.

Saran pada penelitian ini: (1) bagi guru, penerapan kegiatan Lesson Study dengan berbagai metode menarik lainnya dapat dilanjutkan sebagai alternatif pembelajaran IPS, (2) bagi sekolah, hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang terlaksananya kegiatan pembelajaran seperti menambah buku paket dan sumber belajar lain, (3) bagi peneliti, semua aspek yang dapat mengganggu proses pembelajaran sebaiknya dihindari, (4) bagi peneliti selanjutnya dengan tema sejenis sebaiknya memilih sekolah lain yang memiliki kompetensi dan mendukung agar hasil penelitian lebih maksimal.

 

 

 

 

 

 

 


Teks Penuh: DOC PDF