SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Rangka Penciptaan Iklim Kerja Di MTs Surya Buana Malang

Dhian Proboretno

Abstrak


ABSTRAK

 

Proboretno, Dhian. 2009. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Rangka Penciptaan Iklim Kerja Di MTs Surya Buana Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Marsudi, M. Hum.

 

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Iklim Kerja.      

 

Sekolah adalah lembaga yang bersifat kompleks dan unik. Bersifat kompleks karena sekolah sebagai organisasi di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lain saling berkaitan dan saling menentukan. MTs Surya Buana merupakan sekolah yang memiliki pondok pesantren untuk siswanya. Bapak Djalil berpandangan apabila sekolah dan pesantren dikelola dalam satu sistem penyelenggaraan pendidikan bukan tidak mungkin akan melahirkan produk pendidikan yang utuh, matang dan mumpuni keilmuannya. MTs Surya Buana juga memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya konsep sekolah alam. Sebagai sekolah alam MTs Surya Buana memiliki semboyan triple ”R” yaitu reasoning, reaserch dan religius. Karena sifatnya yang kompleks dan unik tersebutlah, sekolah sebagai organisasi memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi diantara semua pihak. MTs. Surya Buana merupakan salah satu MTs. swasta yang dapat menunjukkan prestasinya baik lokal, regional  maupun nasional. Berbagai kebijakan yang ada di sekolah ini juga tidak lepas dari peran kepala sekolah yang ingin menjadikan sekolah yang dipimpinnya semakin maju lagi. Kepemimpinan kepala sekolah sangat mempengaruhi iklim kerja di MTs. Surya Buana Malang. Adanya kepemimpinan kepala sekolah yang baik maka guru-guru dan karyawan di MTs. Surya Buana dapat bekerja dalam lingkungan yang baik sehingga dapat mengajar dengan baik dan dapat menciptakan siswa yang berkualitas.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1)Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah di MTs Surya Buana Malang, (2) Bagaimana iklim kerja di MTs Surya Buana Malang, (3) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam penciptaan iklim kerja di MTs Surya Buana Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah di MTs Surya Buana Malang, (2) Mendeskripsikan iklim kerja di MTs Surya Buana Malang, (3) Mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam penciptaan iklim kerja di MTs Surya Buana Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kepala sekolah memiliki andil yang sangat besar dalam membangun sekolah. Banyaknya prestasi yang diraih oleh sekolah baik akademik maupun non akademik memperlihatkan adanya kerjasama yang baik diantara semua pihak. Jadi gaya kepemimpinan yang selama ini diterapakan oleh kepala sekolah mempengaruhi iklim kerja yang ada di MTs Surya Buana Malang. 

Dalam menjalankan kepemimpinan di sekolah, hendaknya kepala sekolah lebih meningkatkan peran bawahan dalam pelaksanaan tugas. Bagi semua karyawan hendaknya bisa lebih meningkatkan keterampilan dan kerjasama dengan semua pihak. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperbaiki atau malanjutkan penelitian ini hendaknya mempunyai persiapan yang lebih baik dan lebih matang lagi dalam beberapa hal misalnya jadwal penelitian lebih diperbanyak, peralatan dan perlengkapan pada waktu penelitian dipersiapkan terlebih dahulu dengan baik. Karena dalam penelitian ini memang kekurangan dalam hal waktu pada saat penelitian sehingga keintensifan pelaksanaan penelitian masih kurang. Diharapkan dengan bisa lebih aktif dan intensif dalam melakukan penelitian agar mendapatkan data yang lebih banyak dan mendalam. Bisa menemukan hal-hal baru tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah yang belum terungkap dalam penelitian sebelumnya.


Teks Penuh: DOC PDF