SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sejarah Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Muktabarah an-Nahdliyah Kota Malang tahun 2001-2012

Alfiananda Niko Yuwono

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuwono, Alfiananda Niko. Sejarah Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Muktabarah an-Nahdliyah Kota Malang tahun 2001-2012. Skripsi Jurusan Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdul Latif Bustami M,Si Pembimbing (II) Siti Malikah Towaf P.hD

Kata Kunci: Thariqah, JATMAN, MATAN

Kajian ilmiah kesejarahan ini berjudul Sejarah Jam’iyyah Ahlit Thariqah Al-Muktabarah An-Nahdliyah (JATMAN) Kota Malang tahun 2001-2012. Organisasi ke-thariqahan yang termasuk dalam Banom NU ini, menaungi seluruh thariqah muktabarah yang ada di Indonesia. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; bagaimana latar belakang masuknya thariqah di Indonesia hingga berdirinya JATMAN; bagaimana sejarah berdirinya JATMAN Kota Malang; bagaimana perkembangan JATMAN pasca Muktamar XI; bagaimana sejarah MATAN Kota Malang yang merupakan organisasi dibawah JATMAN.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif naratif untuk memperoleh data-data utama, namun selanjutnya juga ditambahkan menggunakan data dari beberapa narasumber yang berkaitan langsung dengan hal ini. Perkembangan Jam’iyyah Thariqah di Indonesia dalam hal ini JATMAN belumlah banyak dijadikan objek kajian oleh para akademisi sehingga pemilihan tema ini memang relatif baru dibandingkan dengan kajian thariqah secara umum.

Hasil yang didapatkan ialah, bahwa perkembangan thariqah di Kota Malang telah terjadi sejak tahun 1960 ketika sejak adanya thariqah Qadiriyah wan Naqsyabandiyah di Pesantren Gading. Perkembangan selanjutnya pada tahun 2001 ketika didirikannya JATMAN Kota Malang dengan KH Abdur Rahman Yahya sebagai Rais Am dan KH Baidlowi Muslih sebagai Mudir Am. Keberadaan JATMAN Kota Malang pasca muktamar semakin mendapatkan sambutan di kalangan warga Kota Malang khususnya. Pasca Muktamar ke XI yang menghasilkan keputusan tentang berdirinya Mahasiswa Ahlit Thariqah al-Muktabarah an-Nahdliyah (MATAN). Organisasi MATAN yang ada di Kota Malang didukung penuh oleh JATMAN Kota Malang sehingga keberadaannya mendapatkan sambutan baik dikalangan ulama dan akademisi.

Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa dengan berdirinya JATMAN mampu mewadahi seluruh thariqah yang muktabarah didalamnya dengan paham Ahlu Shunnah wal Jamaah. Secara khusus, fungsi kelembagaannya mampu memberikan gambaran secara lebih menyeluruh bagi umat Islam yang ingin masuk kedalam ajaran thariqah. JATMAN mampu memberikan suatu paradigma baru tentang thariqah, bahwa selama ini ternyata thariqah juga banyak diminati oleh kalangan pemuda khususnya mahasiswa. Masuknya unsur mahasiswa didalam JATMAN bertujuan untuk mengurangi pengaruh sekulerisme, pragmatisme dan juga matrealisme dikalangan mahasiswa.