SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Jaringan Ulama Gontor Dalam Modernisasi Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Madura Tahun 1971-2006

Nahliatun Nafiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nafiah, Nahliatun. 2015. ”Peran Jaringan Ulama Gontor dalam Modernisasi Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Madura Tahun 1971-2006. Skripsi, Program studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Najib Jauhari, S.Pd, M.Hum (2) Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph.D

 

Kata Kunci: Jaringan ulama, Modernisasi Pendidikan Islam

 

Pondok Modern Darussalam Gontor yang telah berdiri jauh sebelum kemerdekaan telah banyak mencetak ulama besar yang menjadi pimpinanbahkan mendirikan pesanten di berbagai daerah. Diantara ulama tersebut adalah KH.Tidjani Djauhari dan KH. Idris Djauhari yang mendirikan Pondok Pesantren Al-Amien di Prenduan Madura. Saat ini, Pondok Pesantren Al-Amien menjadi satu pesantren besar dan terkemuka karena hubungannya yang erat dengan Pondok  Modern Darussalam Gontor.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana hubungan Pondok Modern Darussalam Gontor dan Pondok Pesantren Al-Amien. Juga untuk mengetahui modernisasi pendidikan Islam di Pondok Modern Darussalam Gontor dilakukan di Pondok Pesantren Al-Amien. Dan untuk mengetahui perubahan dan modernisasi pendidikan Islam di PondokPesantren Al-Amien.

Kajian ini menggunakan metode penelitian historis. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pertama, desain penelitian. Kedua peneliti menentukan topik penelitian. Ketiga, heuristik yakni pengumpulan data dengan membedakan antara sumber primer dan sumber sekunder. Keempat, kritik yakni upaya mempermasalahkan otentisitas dan kredibilitas sumber. Kritik meliputi kritik intern dan kritik ekstern. Kelima, Interpretasi adalah menetapkan makna dan saling hubungan antar fakta yang diperoleh menggunakan pendekatan maupun konsep ilmusosial. Keenam, Historiografi adalah penulisan sejarah secara kronologis.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Modernisasi pendidikan Islam di Pondok Modern Darussalam Gontor dapat dilakukan di Pondok Pesantren Al-Amien karena adanya hubungan keilmuan dan kekeluargaan diantara kedua pondok tersebut. Modernisasi pendidikan Pondok Pesantren Al-Amien ini dirintis oleh Kyai Djauhari kemudian dilanjutkan oleh kedua putranya KH. Tidjani Djauhari dan KH. Idris Djauhari yang merupakan lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor.