SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bidang Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Sukorejo Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011.

Ruly Aryuning Santi

Abstrak


ABSTRAK

 

Santi, Ruly Aryuning. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bidang Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Sukorejo Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marsudi, M.Hum, (II) Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Metode snowball throwing, bidang sejarah, motivasi belajar

 

Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Sukorejo karena sekolah ini merupakan Sekolah Standar Nasional (SSN) yang memiliki sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar mengajar antara lain: perpustakaan, laboratorium komputer, dan ruang multimedia. Namun sarana dan prasarana tersebut belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh guru mata pelajaran sejarah sehingga belum mampu memunculkan motivasi belajar siswa yang maksimal. Penelitian difokuskan pada kelas VII C karena berdasarkan keterangan dari guru pengajar IPS kelas VII C merupakan kelas yang kemampuan akademik dan motivasi belajarnya tergolong rendah jika dibandingkan dengan kelas yang lain. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas VII C SMP Negeri 1 Sukorejo menunjukkan bahwa selama ini guru lebih sering menggunakan metode ceramah pada saat menjelaskan materi di kelas. Pengalaman belajar siswa hanya terbatas pada kegiatan mendengarkan dan mencatat sehingga siswa terlihat jenuh dan bosan karena sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut menimbulkan masalah yang sering terjadi di kelas, yaitu siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas, siswa sering mengobrol dan bermain-main sendiri saat guru menjelaskan materi pelajaran, dan siswa juga kurang aktif dalam tanya jawab. Adanya permasalahan tersebut menunjukkan bahwa siswa kurang termotivasi dalam belajar sejarah di kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu diterapkan metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode pembelajaran Snowball Throwing. Metode pembelajaran Snowball Throwing ini bersifat menyenangkan karena disertai dengan permainan, sehingga siswa tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing ini juga dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran melalui proses diskusi kelompok dan tanya jawab, sehingga siswa tidak akan lagi merasa bosan ketika belajar di dalam kelas. Selain itu metode Snowball Throwing ini belum pernah diterapkan di SMP Negeri 1 Sukorejo.

Penelitian ini mempunyai rumusan masalah sebagai berikut: 1) bagaimanakah pelaksanaan metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bidang Sejarah pada kompetensi dasar 5.3 Mendeskripsikan Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Pemerintahan pada Masa Kolonial Eropa di Kelas VII C SMP Negeri 1 Sukorejo tahun ajaran 2010/2011, 2) Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bidang Sejarah pada kompetensi dasar 5.3 Mendeskripsikan Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Pemerintahan pada Masa Kolonial Eropa di Kelas VII C SMP Negeri 1 Sukorejo tahun ajaran 2010/2011.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sukorejo dengan jumlah 39 siswa. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, peneliti menggunakan data kualitatif dengan melakukan observasi awal, wawancara, dan pengamatan secara langsung di kelas. Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang kedua peneliti melaksanakan tindakan penelitian dimana peneliti bertindak sebagai pengamat dan guru pengajar yang melaksanakan tindakan. Peneliti mengamati aktivitas guru dan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Peneliti juga memanfaatkan dokumen yang sudah ada di sekolah yang berhubungan dengan penelitian. Analisis yang digunakan oleh peneliti yaitu dengan mempergunakan presentase keberhasilan tindakan yang menunjukkan adanya kegiatan atau aktivitas  yang berhubungan dengan motivasi belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing yang di laksanakan di kelas VII C SMP Negeri 1 Sukorejo dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Prosentase motivasi belajar siswa pada siklus I adalah 87.41%, dan pada siklus II prosentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 90.21%. Hasil tersebut menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui aktivitas diskusi, menjawab soal, mengemukakan jawaban, dan menyimpulkan/menilai jawaban dari kelompok lain serta membandingkannya dengan jawaban dari kelompoknya. Berasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan agar dilakukan penelitian lagi mengenai metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran sejarah untuk lebih memantapkan hasil yang telah diperoleh sebelumnya.