SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM STRIP PADA POKOK BAHASAN PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 LAWANG

NIKITA ARYA BISMADHANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Bismadhani, Nikita Arya. 2011. Penggunaan Media Pembelajaran Film Strip pada Pokok Bahasan Pendudukan Jepang di Indonesia untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marsudi M. Hum, (II) Drs. Kasimanuddin Ismain M. Pd.

 

Kata kunci: media pembelajaran, film strip, prestasi belajar

 

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Lawang, Kabupaten Malang. Salah satu kelas yang disorot adalah kelas XI IPS 4. Guru mata pelajaran sejarah yang mengajar di kelas tersebut, Ibu Sukesi Sri, mengeluhkan bahwa nilai prestasi belajar di kelas tersebut pada mata pelajaran sejarah sangat rendah, utamanya pada pokok bahasan pendudukan Jepang di Indonesia, kompetensi dasar proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia. Nilai rata-rata siswa pada pokok bahasan ini adalah 60,9. Hasil ini memiliki nilai paling rendah diantara kelas program Ilmu Pengetahuan Sosial yang lain. Guru berkolabirasi dengan peneliti untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Pemanfaatan media pembelajaran menjadi solusinya. Konsep media pembelajaran yang akan diusung adalah berupa film strip.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui keadaan awal nilai prestasi belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Lawang pada mata pelajaran sejarah, (2) mengetahui penerapan media pembelajaran film strip pada pokok bahasan pendudukan Jepang di Indonesia untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Lawang, (3) Mengetahui prestasi belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Lawang setelah melaksanakan proses belajar mengajar dengan bantuan media pembelajaran film strip pada pokok bahasan pendudukan Jepang di Indonesia.

Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus. Pada tiap siklus terdapat tindakan utama yang meliputi Perencanaan, Persiapan, Pelaksanaan, Pengamatan ,dan Refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 38 orang. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data melalui observasi kegiatan pembelajaran dan aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Sementara analisis data yang digunakan memakai model Miles dan Huberman. Tahap-tahap analisis data tersebut yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar meningkat secara siginifikan. Peningkatan tersebut terjadi karena kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran film strip dan interaksi antara guru dan siswa lebih terfokus. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan menghasilkan proses yang positif pada saat kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siklus 1 dan siklus 2. Nilai prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Pada pre tes pada pertemuan pertama di siklus 1, nilai rata-rata yang dicapai adalah 55. Dalam pre tes ini hanya sebanyak 5 orang siswa yang tuntas KKM (13,15%), sisanya sebanyak 33 orang siswa (86,84%) belum tuntas KKM. Sedangkan dalam pos tes akhir yang dilakukan pada pertemuan kedua pada siklus 2 menunjukan nilai rata-rata yakni 77.

Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada peneliti lain yang berminat dalam bidang yang sama dan bersedia melakukan penelitian selanjutnya untuk lebih mengeksplor kembali tentang beberpa bentuk media yang bisa dikembangkan. Jika melakukan penelitian tindakan kelas, hendaknya menyediakan waktu yang lebih lama untuk memberikan hasil yang maksimal. Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah hendaknya untuk penelitian selanjutn mengembangkan media yang lebih bervariasi dan berkualitas.