SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STRATEGI POLITIK EKONOMI MANGKUNEGARA IV KASUS PABRIK GULA COLO MADU 1853-1881

Lucia Gritantin

Abstrak


ABSTRAK

 

Gritantin, Lucia Arter Lintang. 2010. “Strategi Politik Ekonomi Mangkunegoro IV Kasus Pabrik Gula Colo Madu 1853-1881 “. Skripsi, Jurusan Sejarah, Program Studi S1 Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. R. Reza Hudiyanto, S.S, M.Hum.

 

Kata Kunci : Mangkunegara IV, Pabrik Gula Colo Madu, Kepemimpinan.

Kebijakan politik penguasa merupakan objek kajian sejarah yang cukup menarik. Ini disebabkan kebijakan politik raja berpengaruh terhadap banyak aspek misalnya tanah, tenaga kerja dan penanaman modal. Salah satu bentuk kebijakan politik yang menarik untuk dikaji adalah strategi politik Mangkunegara IV. Berdasarkan latar belakang ini maka, peneliti mengambil rumusan masalah: (1) mengapa Mangkunegara IV tetap membangun Pabrik Gula Colo Madu ? (2) Bagaimana bentuk dan proses penerapan politik ekonomi Mangkunegara IV dalam proses pembangunan pabrik gula Colo Madu ? (3)   Bagaimana dampak dari pembangunan Pabrik Gula Colo Madu dalam dunia bisnis Mangkunegara IV berikutnya ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Memahami latar belakang Mangkunegara IV membangun Pabrik Gula  Colo Madu. (2) Memahami bentuk dan proses penerapan strategi politik ekonomi Mangkunegara IV dalam membangun Pabrik Gula Colo Madu . (3) Mengerti dampak pembangunan Pabrik Gula Colo Madu dalam dunia bisnis Mangkunegara IV berikutnya.

Adapun langkah – langkah yang dilakukan dalam penulisan karya ini adalah pemilihan topik, heuristik, kritik, interpretasi, historiografi. Alasan penulis memilih topik ini karena belum pernah ada penelitian yang membahas strategi politik ekonomi Mangkunegara IV.  Heuristik merupakan tahap pengumpulan sumber yang dilakukan dengan tahap pengumpulan dokumen dan arsip dan pustaka serta sumber-sumber yang masih menyimpan mengenai Mangkunegaran sendiri. Tahap berikutnya adalah klasifikasi sumber yang masuk dalam golongan primer, sekunder. Selanjutnya adalah tahap kritik yang mana sumber-sumber yang telah diperoleh dapat didapat keaslian sumber. Kritik sendiri dilakukan dengan dua tahap yaitu intern dan ekstern. Interpretasi sendiri merupakan tahap analisa dan sintesis dari fakta-fakta yang diperoleh dalam sumber-sumber sejarah dan beberapa kajian pustaka yang digunakan dalam penulisan karya ini. Historiografi merupakan tahap terakhir dari penulisan ini.

Hasil dari penelitian ini adalah Praja Mangkunegaran merupak sebuah basis ekonomi politik yang kuat pada masa Mangkunegara IV hal ini dibuktikan dengan adanya Pembangunan Pabrik Gula Colo Madu yang dapat dikatakan sebagai hasil kerja keras Mangkunegara IV dalam menjalankan roda ekonomi politiknya. Masyarakat Praja Mangkunegaran sendiri dengan adanya Pabrik Gula Colo Madu ini menjadi lebih maju dari sebelumya. Majunya sarana dan prasarana dan keadaan masyarakat yang ada di wilayah Praja  Mangkunegara merupakan bukti keberhasilan Mangkunegara IV.

Dalam penulisan ini dapat diambil kesimpulan bahwa Mangkunegara IV sanggup membuktikan bahwa strategi politik ekonomi yang gunakan sanggup membawa kemajuan Praja Mangkunegara sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai sejarah pabrik gula. Penelitian selanjutnya difokuskan pada perkembangan administrasi pabrik gula dan kaitannya dengan perkembangan masyarakatnya.