SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Malang

Luthfilah Wensday Yulia

Abstrak


RINGKASAN

Luthfilah, Wensday Yulia. 2019. Pengaruh Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terhadap Prestasi Belajar Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A

Kata Kunci : Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), Prestasi Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan UKBM terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan di dua kelas yang menjadi subjek penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model true eksperimental design dengan design posttest-only control group design. Data penelitian berupa nilai prestasi belajar diambil setelah diberikannya perlakuan di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan pada pengujian hipotesis yang menunjukkan taraf signifikasi 0,000 yang berarti UKBM berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Pengaruh tersebut juga dapat diketahui dari prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai prestasi belajar di kelas eksperimen adalah 85,33, sedangkan di kelas kontrol rata-rata nilai prestasi belajar adalah 70.