SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Rollenspiel “Reporter und Schauspieler”untuk Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Laboratorium UM

Oky Rahmawati

Abstrak


Kata Kunci: metode pembelajaran, Rollenspiel, keterampilan berbicara

Metode pembelajaran Rollenspiel merupakan metode yang menuntut siswa untuk aktif berbicara bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Rollenspiel “Reporter und Schauspieler”dan mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan metode Rollenspiel “Reporter und Schauspieler”.

Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data berupa 32 siswa kelas XI Lintas Minat SMA Laboratorium UM dan seorang guru bahasa Jerman.Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi, lembar angket, dan pedoman wawancara.Hasil observasi dan hasil angket digunakan untuk mendeskripsikan penerapan metode Rollenspiel “Reporter und Schauspieler”, sedangkan hasil wawancara digunakan untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan metode Rollenspiel “Reporter und Schauspieler”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini mendapatkan respons yang baik dari siswa. Siswa menganggap bahwa metode ini menarik. Dengan menggunakan metode ini, siswa menjadi lebih percaya diri, aktif, dan mudah memahami materi.Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Rollenspiel “Reporter und Schauspieler”dapat digunakan sebagai metode pembelajaran alternatif untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman.Faktor- faktor internal keberhasilan penerapan metode ini adalah kesiapan dan motivasi siswa, sedangkan faktor-faktor eksternal keberhasilan adalah prosedur pembelajaran, topik pembelajaran, media pembelajaran, dan guru.