SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesalahan Kalimat Majemuk Koordinatif Bahasa Mandarin Pada Karangan Mahasiswa Semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang

Nurcahyani Windi Amalina

Abstrak


RINGKASAN

Nurcahyani, Windi Amalina. 2019. Kesalahan Kalimat Majemuk Koordinatif Bahasa Mandarin Pada Karangan Mahasiswa Semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Skripsi. Pendidikan Bahasa Mandarin. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dewi Kartika Ardiyani, M.Pd , (2) Aiga Ventivani,S.Pd.,M.Pd.

Kata kunci : kesalahan, kalimat majemuk koordinatif, karangan

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa semester 4 offering B PSPBM UM saat menggunakan kalimat majemuk koordinatif bahasa Mandarin serta faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan saat menggunakan kalimat majemuk koordinatif bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2017 offering B sebanyak 16 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis membuat karangan dan pedoman wawancara

Hasil penelitian menunjukkan 32 kesalahan yang dilakukan mahasiswa saat menggunakan kalimat majemuk koordinatif bahasa Mandarin. Bentuk kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa saat menggunakan kalimat majemuk koordinatif bahasa Mandarin adalah

(1) kesalahan penggunaan kalimat majemuk koordinatif,

(2) kesalahan penggunaan kalimat majemuk suksesif,

(3) kesalahan penggunaan kalimat majemuk progresif,

(4) kesalahan penggunaan kalimat majemuk pilihan, dan

(5) kesalahan tata bahasa dan kosakata. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan saat menggunakan kalimat majemuk koordinatif bahasa Mandarin adalah

(1) faktor internal yang terdiri atas motivasi, latar belakang bahasa, dan diri pebelajar sendiri.

(2) faktor eksternal yang terdiri dari guru pengajar, teknik pembelajaran, dan masa belajar.