SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Monopoli Untuk Penguatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman dengan Tema Kennenlernen bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batu

Pertiwi Fitri Ade

Abstrak


RINGKASAN

Pertiwi, Fitri Ade. 2019. Pengembangan Media Monopoli Untuk Penguatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman dengan Tema Kennenlernen bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Tiksno Widyatmoko, MA.

Kata Kunci: Media Permainan, monopoli, keterampilan berbicara

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan monopoli sebagai alat bantu untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu. Media yang dikembangkan yaitu permainan monopoli yang dimodifikasi dengan memberikan materi bahasa Jerman dengan tema Kenenlernen. Peneliti mengadopsi papan monopoli sebagai alas permainan, kartu pertanyaan sebanyak lima macam terdiri dari lima materi yaitu, Begrüßung, Konjugation, Personalpronomen, sich und andere vorstellen, und die Zählen.

Jenis penelitian yang digunakan oleh pengembang adalah penelitian (Research and Development), yang menggunakan model pengembangan oleh Plomp. Media permainan monopoli ini telah validasi oleh ahli materi dan ahli media dan diujicobakan kepada 36 siswa kelas X Lintas Minat  SMA Negeri 1 Batu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatifdeskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media permainan monopoli dapat digunakan untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas X Lintas Minat. Di dukung dengan adanya hasil lembar observasi yang menyatakan bahwa siswa aktif ketika permainan sedang diujicobakan.