SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI IBB 2 Sma Laboratorium UM

Ardiyanti Dwi Ika

Abstrak


RINGKASAN

Ardiyanti, Ika Dwi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI IBB 2 Sma Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dewi Kartika Ardiyani, S.Pd., M.Pd., (II) Amira Eza Febrian Putri, S.Pd., MTCSOL.

Kata Kunci: Project Based Learning, bahasa Mandarin, keterampilan menulis, siswa kelas XI SMA

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran, kendala, dan hasil dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dilaksanakan pada mata pelajaran bahasa Mandarin kelas XI IBB 2 SMA Laboratorium UM. Penelitian berfokus pada keterampilan menulis siswa.

Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.  Penelitian dilakukan dengan cara memberikan siswa sebuah proyek. Siswa dibagi ke dalam kelompok untuk selanjutnya melakukan kegiatan pengamatan. Setelah melakukan pengamatan, siswa bersama kelompoknya membuat komik sederhana terkait materi 一边、一边 yībiān, yībiān berdasarkan hasil pengamatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning sesuai untuk diterapkan pada keterampilan menulis bahasa Mandarin. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dialami oleh siswa, namun proses pembelajaran tetap berlangsung dengan baik. Selain itu, peserta didik juga merespon positif terhadap penerapan model dan berperan aktif pada usaha penyelesaian proyek.

SUMMARY

Ardiyanti, Ika Dwi. 2019.  Implementation of Project Based Learning Model on Chinese Writing Skill of IBB 2 Second Year Students at SMA Laboratorium UM. Thesis, German Department, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang. Supervisors: (I) Dr. Dewi Kartika Ardiyani, S.Pd., M.Pd., (II) Amira Eza Febrian Putri, S.Pd., MTCSOL.

Keywords: Project Based Learning, Chinese, writing skill, second year stuudent

This study aims to describe the implementation, the obstacles, and the results of the implication of Project Based Learning model. This learning model is carried out on Chinese subject of IBB 2 second year students at SMA Laboratorium UM.

This study used a qualitative approach with a type of descriptive research. The research was conducted by giving students a project. Students were divided into groups to then carry out observation activities. After making observations, students and their groups made simple comics related to the material of 一边 、 一边 yībiān, yībiān based on the results of the observation.

The results of the study showed that the Project Based Learning model is suitably applied to Chinese writing skill. The learning process continued to work well though some obstacles experienced by students. Besides, students also responded positively to the implication of the model and played an active role in the project completion efforts.