SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Game Kahoot! untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman dengan Tema Alltagsleben Kelas XI IBB SMA Negeri 1 Kepanjen

Chumairok

Abstrak


RINGKASAN

Chumairok. 2019. Penggunaan Game Kahoot! untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Jerman dengan Tema Alltagsleben Kelas XI IBB SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewi Kartika Ardiyani, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Penggunaan, Game Kahoot!, Kosakata, Bahasa Jerman, Alltagsleben

Media pembelajaran digunakan untuk menyampaikan suatu informasi antara guru dan siswa. Media pembelajaran yang sering digunakan dewasa ini adalah media digital dan media permainan. Kahoot! merupakan media pembelajaran yang berupa permainan atau kuis dan berbasis internet. Melalui Kahoot! siswa berlatih kosakata pada materi Alltagsleben.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan serta mengetahui respon siswa terhadap penggunaan game Kahoot! untuk pembelajaran kosakata pada materi Alltagsleben di SMA Negeri 1 Kepanjen. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Kepanjen. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan kuesioner siswa.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan game Kahoot! pada pembelajaran bahasa Jerman dapat membuat kegiatan belajar lebih aktif dan menyenangkan. Respons siswa terhadap penggunaan game Kahoot! sangat baik. Siswa terlihat antusias dan fokus saat pembelajaran menggunakan game Kahoot! berlangsung. Permainan ini dapat membantu siswa untuk lebih memahami kosakata pada materi Alltagsleben. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Kahoot! dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran bahasa Jerman.