SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran DaKon untuk Melatih Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang

Ardiansyah Bagas Ilham

Abstrak


ABSTRAK

Ardiansyah, Bagas Ilham. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran DaKon untuk Melatih Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deddy Kurniawan, S.Pd., M.A.

Kata kunci: media pembelajaran, DaKon, keterampilan berbicara

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SMA/SMK dalam mempelajari bahasa Jerman. Siswa diharapkan berlatih keterampilan berbicara pada saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android DaKon yang digunakan sebagai penunjang dalam melatih keterampilan berbicara kelas X SMA/SMK. Pada media ini terdapat materi yang bertemakan Kennenlernen dan Schule dengan tingkat bahasa Jerman A1.

Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan  Production of Multimedia Packages oleh Ghislandi yang dimodifikasi menjadi 6 langkah, yakni

(1) mendefinisikan kebutuhan pengguna,

(2) merancang produk,

(3) menyiapkan data,

(4) menyusun produk,

(5) menyelaraskan sistem dan evaluasi,

(6) menghasilkan produk. Media ini telah melalui tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta diujicobakan kepada kelas X IBB SMA Negeri 5 Malang yang berjumlah 26 orang.

Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil pengisian angket terbuka ahli materi dan ahli media, serta hasil observasi uji coba produk yang dianalisis dengan analisis data kualitatif. Hasil pengisian angket terbuka dan hasil observasi menunjukkan bahwa media DaKon layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas X SMA/SMK.