SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Permainan Wunderbrett untuk Materi Pembelajaran Adjektive im Akkusativ Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 9 Malang

Samiya Alvina

Abstrak


RINGKASAN

Samiya, Alvina. 2019. Pengembangan Media Permainan Wunderbrett untuk Materi Pembelajaran Adjektive im Akkusativ Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Herri Akhmad Bukhori, M.A., M.Hum.

Kata kunci: pengembangan, media permainan, Wunderbrett, pembelajaran, Adjektive im Akkusativ.

Bahasa Jerman merupakan salah satu mata pelajaran bahasa asing yang diajarkan di SMA Negeri 9 Malang. Siswa sering merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa Jerman khususnya materi gramatika. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media permainan edukatif Wunderbrett untuk pembelajaran materi gramatika Adjektive im Akkusativ pada tema pakaian dan cuaca (Kleidung und Wetter). Media permainan Wunderbrett terdiri atas tiga jenis permainan yaitu Wunderkarte, Wunderwort, dan Wunderland.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah, yaitu

(1) Analysis,

(2) Design,

(3) Development,

(4) Implementation, dan

(5) Evaluation. Media permainan Wunderbrett telah divalidasi oleh dosen ahli media dan ahli materi. Selain itu, Wunderbrett juga telah diujicobakan kepada 22 orang siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 9 Malang. Data pengembangan ini diperoleh dari hasil angket ahli materi, ahli media, dan siswa. Data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan Wunderbrett layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Jerman untuk siswa kelas XI. Siswa berpendapat bahwa media Wunderbrett sangat baik dan dapat mempermudah mereka dalam memahami materi gramatika Adjektive im Akkusativ.