SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Metode Schlüsselwörter Untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Dengan Tema Schule Siswa Sma Negeri 1 Kepanjen

Daiman Maria Silvani

Abstrak


RINGKASAN

Daiman, Maria Silvani. 2019. Penggunaan Metode Schlüsselwörter Untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Tema Dengan Schule Siswa SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewi Kartika Ardyani, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci : Schlüsselwörter, keterampilan berbicara, bahasa Jerman

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Schlüsselwörter pada keterampilan berbicara dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa dalam menggunakan Schlüsselwörter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptiv kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 33 siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri Kepanjen. Data diperoleh dari hasil observasi, angket, dan wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Schlüsselwörter dapat digunakan untuk membantu siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Jerman. Dari hasil kegiatan observasi dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan Schlüsselwörter berjalan dengan baik. Siswa terlihat antusias dalam proses pembelajaran. Schlüsselwörter yang digunakan dapat menambah pengetahuan kosakata baru bagi siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Schlüsselwörter yang digunakan dapat dijadikan alternatif pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman. Selama pembelajaran berlangsung siswa menunjukan respon yang baik. Hal ini dapat dilihat dari partisipasi aktif siswa dalam menggunakan metode Schlüsselwörter. Kekurangan dari Schlüsselwörter dalam penelitian ini adalah kurangnya penguasaan kosakata siswa yang dapat menggganggu pemahaman siswa dalam berbicara bahasa Jerman.