SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op Dengan Media Gambar Pada Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana siswa SMAN 8 Malang

Kholifah Khuswatul

Abstrak


RINGKASAN

Kholifah, Khuswatul. 2019. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op Dengan Media Gambar Pada Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana siswa SMAN 8 Malang.Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Edy Hidayat, S.Pd, M.Hum.

Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, tipe Co-Op Co-Op, kalimat sederhana, keterampilan menulis.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op dengan media gambar dan hasil karangan siswa dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op . Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tulisan siswa. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas X IS Lintas Minat SMA Negeri 8 Malang.

Berdasarkan data hasil observasi dan tulisan siswa, dapat disimpulkan penelitian menunjukkan bahwa siswa aktif, bersemangat, dan senang dalam pembelajaran bahasa Jerman, terutama pada keterampilan menulis. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-Op Co-Op berjalan lancar. Metode ini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam bahasa Jerman dan membuat siswa lebih aktif mengemukakan pendapat serta membuat siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa memberikan tanggapan yang baik selama proses penerapan metode pembelajaran berlangsung, siswa mengikuti intruksi yang diberikan guru dengan baik.