SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media "Puppenpapier" pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI IBB 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Ashari Yollanda Maheka

Abstrak


RINGKASAN

Ashari, Yollanda Maheka. 2019. Penggunaan Media “Puppenpapier” pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI IBB 1 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewi Kartika Ardiyani, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: media, Puppenpapier, keterampilan berbicara

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media “Puppenpapier” pada keterampilan berbicara siswa kelas XI IBB SMA Laboratorium UM dan untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan media “Pupenpapier” pada keterampilan berbicara. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 22 siswa kelas XI IBB 1 SMA Laboratorium UM Malang. Data berupa data hasil observasi dan angket.

Berdasarkan hasil analisis selama proses pembelajaran siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Siswa memperhatikan pada saat guru menjelaskan cara bermain dan memahaminya dengan baik. Siswa juga aktif berbicara pada saat presentasi. Penggunaan media ”Puppenpapier” dapat membuat siswa menjadi lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jerman.

Siswa berpendapat bahwa media ”Puppenpapier” menarik dan menyenangkan. Dengan media “Puppenpapier”, siswa dapat lebih mudah mengingat dan memahami kosakata mengenai Kleidung. Media ini juga membantu siswa melatih keterampilan berbicaranya dalam bahasa Jerman.