SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Miming Games Untuk Melatih Kosakata Bahasa Jerman Siswa SMA Laboratorium UM Malang

Fanisha Amelia

Abstrak


Tujuan  penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Miming Games untuk melatih kosakata bahasa Jerman siswa SMA Laboratorium UM Malang, mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan Miming Games, dan mendeskripsikan penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa setelah diterapkannya Miming Games. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas X-IBB SMA Laboratorium UM Malang. Data diperoleh dari observasi, angket, dan data hasil tes.

Adanya penerapan Miming Games, dapat dilihat bahwa siswa mampu memahami kosakata bahasa Jerman yang diperagakan. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa siswa antusias, aktif dan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa adanya unsur gerak dalam Miming Games memudahkan siswa untuk mengingat kosakata bahasa Jerman dan siswa termotivasi dalam pelajaran bahasa Jerman terutama belajar kosakata bahasa Jerman dengan permainan ini. Adapun dari data hasil tes menunjukkan bahwa 31 siswa mampu memahami kosakata bahasa Jerman yang diajarkan melalui penerapan Miming Games, hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes keterampilan berbicara dan latihan soal yang diberikan. Sebanyak 22 siswa mendapatkan nilai di atas KKM pada keterampilan berbicara, delapan siswa mendapatkan nilai sesuai KKM, dan satu siswa mendapatkan nilai di bawah KKM.

Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan Miming Games dalam pembelajaran bahasa Jerman dapat melatih kosakata bahasa Jerman siswa dan mampu membuat siswa lebih aktif dan berani dalam berbicara bahasa Jerman di dalam kelas. Selain itu juga membuat siswa senang serta bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran. Kekurangan dari penerapan Miming Games ini adalah membutuhkan waktu yang cukup lama agar semua siswa dapat menebak dan menjawab kosakata bahasa Jerman.