SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Siplifikasi untuk Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman

Berlian Putri Pratiwi

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran simplifikasi, dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 8 Malang. Data diperoleh dari data hasil observasi, angket dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan kesetujuan dalam penerapan metode simplifikasi sebagai metode pembelajaran keterampilan berbicara. Guru dan siswa meunjukkan respon yang baik selama penerapan pembelajaran ini. Subjek dalam penelitian menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode simplifikasi membantu mereka menjadi lebih bersemangat dan termotivasi dalam pembelajaran bahasa Jerman khususnya keterampilan berbicara.

Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa metode simplifikasi dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran pada keterampilan berbicara bahasa Jerman. Penerapan metode ini dalam pembelajaran juga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode simplifikasi adalah situasi kelas yang kurang kondusif pada saat pembelajaran berlangsung dan media permainan yang dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran.