SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Korelasi Minat Membaca dengan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2017 UM pada Matakuliah Membaca I

Jethro Adhitya Kayne

Abstrak


RINGKASAN

Jethro, Adhitya Kayne. 2019. Korelasi Minat Membaca dengan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2017 UM pada Matakuliah Membaca I. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Deddy Kurniawan, S.Pd., M.A., (II) Amira Eza F. Putri, S.Pd., MTCSOL.

Kata Kunci: korelasi, minat membaca, keterampilan berbicara, matakuliah Membaca I, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengidentifikasi korelasi minat membaca dengan keterampilan berbicara pada matakuliah Membaca I, serta mendeskripsikan minat membaca dan keterampilan berbicara pada matakuliah Membaca I. Hasil yang diperoleh diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran bahasa Mandarin, serta menambah wacana, referensi ilmu pada ranah keterampilan berbahasa secara umum dan mengembangkan suatu media atau metode untuk meningkatkan minat membaca.

Penelitian ini menggunakan jenis korelasi asosiatif kuantitatif. Intrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat minat membaca dan tes untuk mengetahui nilai keterampilan berbicara. Analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji Spearman–Rank, dan uji t. Uji t dilakukan karena sampel melebihi dari syarat skala pengurkuran data ordinal.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara minat membaca dengan keterampilan berbicara mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2017 UM pada matakuliah Membaca I. Minat membaca yang tinggi dapat membantu perkembangan dalam mempelajari keterampilan berbicara. Sebelum maupun sesudah matakuliah membaca I berlangsung, mahasiswa memiliki kemauan untuk membaca buku yang digunakan dalam pembelajaran.