SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Video Pembelajaran Little Fox Chinese untuk Melatih Keterampilan Berbicara Kelas X IBB SMA Laboratorium Malang

Machmudah Siti

Abstrak


RINGKASAN

Machmudah, Siti. 2019. Penggunaan Media Video Pembelajaran Little Fox Chinese untuk Melatih Keterampilan Berbicara Kelas X IBB SMA Laboratorium Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Herri Akhmad Bukhori. M.A., M.Hum., (II) Amira Eza Febrian Putri, S.Pd, MTCSOL.

Kata kunci: media pembelajaran, Little Fox Chinese, keterampilan berbicara

Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa diperlukan untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media video pembelajaran Little Fox Chinese serta respon siswa kelas X IBB SMA Laboratorium UM terkait penggunaan media video tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IBB SMA Laboratorium UM. Data penelitian yang digunakan merupakan data hasil observasi, angket, dan wawancara.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa penggunaan video pembelajaran Little Fox Chinese di kelas X IBB SMA Laboratorium UM berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon positif dari siswa. Siswa merasa bahwa penggunaan media video Little Fox Chinese membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Penggunaan media ini membuat siswa lebih aktif berbicara bahasa Mandarin.

Terdapat beberapa siswa yang mengalami kendala selama proses pembelajaran menggunakan video tersebut di antaranya

(1) siswa tidak dapat mendengar pelafalan dengan jelas karena kondisi di sekitar kelas kurang kondusif,

(2) siswa merasa ukuran huruf yang digunakan kurang besar,

(3) siswa tidak mengerti makna kosakata baru karena merasa kurang menguasai bahasa Mandarin, dan

(4) siswa merasa kurang percaya diri dalam berbicara bahasa Mandarin. Kendala tersebut dapat segera diatasi dan tidak berdampak secara signifikan terhadap proses pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian, guru disarankan agar lebih selektif dalam memilih video yang akan digunakan. Video harus disesuaikan dengan materi dan tingkatan kelas siswa. Guru perlu memperhatikan ketersediaan peralatan yang dapat menunjang penggunaan media video Little Fox Chinese. Pengendalian kondisi kelas agar tetap kondusif sangat diperlukan agar suara video dapat dengan jelas menjangkau seluruh ruang kelas.