SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Bermain Drama untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM.

YULIANI USWATUN KHASANAH

Abstrak


RINGKASAN

Khasanah, YulianiUswatun. 2019. Penerapan Bermain Drama untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi. Sastra Jerman, Fakultas Sastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing :Drs. TiksnoWidyatmoko, M.A.

 

Kata Kunci: Bermain Drama, KeterampilanBerbicara Bahasa Jerman.

 

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan prosespenerapanbermaindrama untukketerampilanberbicarabahasaJermanpesertadidikkelas XI SMA LaboratoriumUniversitasNegeriMalangdanhasilpenerapannya. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifuntukmendeskripsikan data-data yang diperolehdari data observasidan data dokumentasi. Subjekdalampenelitianiniadalahpesertadidikkelas XI lintas minat SMA LaboratoriumUniversitasNegeriMalang. Adapunproses pengumpulan data melaluiduainstrumenyaitulembarobservasi, (yang terdiridarilembarobservasilatihandanlembarobservasipelaksanaan) dandokumentasi.

            Hasilpenelitianinimenunjukkan bahwapenerapanbermain drama untukketerampilanberbicarabahasaJermanberjalandenganbaiksesuaidenganrencanapembelajaran.Adapunhasilpenerapanmenggunakanmetodeinididukungolehhasilobservasi yang menyatakanbahwasebagianbesarpesertadidiktermotivasidanaktifdalampembelajaranbahasaJerman. Hal ini tampak daripesertadidikbersemangat selama latihan berlangsung.