SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Permainan Pesan Berantai pada Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang

AGUSTINA DEVI

Abstrak


RINGKASAN

Agustina, Devi. 2019. Penggunaan Permainan Pesan Berantai pada Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewi Kartika Ardiyani, M.Pd.

Kata Kunci: Permainan, pesan berantai, pembelajaran, keterampilan menyimak

Permainan pesan berantai merupakan permainan bahasa yang melibatkan pendengar dan pembicara secara langsung yang dilakukan secara berkelompok. Permainan ini dilaksanakan dengan cara berbisik dari satu pemain ke pemain lainnya, hingga pesan yang didapatkan tersampaikan. Permainan ini bertujuan untuk melatih keterampilan menyimak bahasa Jerman siswa pada tema Schule dengan subtema Schulaktivitäten.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan permainan pesan berantai pada keterampilan menyimak bahasa Jerman siswa kelas X Lintas Minat Bahasa SMA Negeri 7 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas X Lintas Minat Bahasa yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Data dipresentasikan menggunakan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dapat mengikuti proses pembelajaran menggunakan permainan pesan berantai dengan baik, meskipun terdapat beberapa kesalahan dalam menyampaikan pesan dan kendala pada media, seperti Kopfhörer yang tidak berfungsi dengan baik. Pada akhirnya, sebagian besar siswa dapat melaksanakan permainan dan menyampaikan pesan dengan baik. Selain itu, permainan ini membuat siswa lebih mudah mengingat kosakata dan antusias selama pembelajaran.