SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PERMAINAN BERBASIS MOBILE LEARNING “DUSCHANS SCHULWEG” UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA TEMA SCHULE SISWA KELAS 10 LINTAS MINAT SMA NEGERI 1 MALANG

Dyah Jasmine Mayangsari

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan permainan  Duschans Schulweg untuk pemahaman kosakata tema Schule kelas X Lintas Minat SMA Negeri 1 Malang dan mengetahui respons peserta didik setelah menerapkan permainan. Peserta didik SMA Negeri 1 Malang memiliki masalah pada mempelajari kosakata, karena pada kelas 10 Lintas Minat hanya mendapatkan pelajaran bahasa Jerman satu kali dalam seminggu. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian adalah 31 siswa dan aktivitas pembelajaran bahasa Jerman di kelas 10 Lintas Minat SMA Negeri I Malang. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa permainan Duschans Schulweg cocok untuk pembelajaran  kosakata. Penelitian ini mendapatkan reaksi yang positif dari peserta didik. Selain itu, peserta didik berpendapat bahwa dengan permainan ini dapat mempermudah pembelajaran kosakata dan memotivasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Jerman.