SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Video “Folge6-Wohnen” sebagaiMateri Ajar Tambahan Untuk Pembelajaran Menyimak Bahasa Jerman Peserta Didik SMA.

Bangkit Rahardian Pamungkas

Abstrak


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penilaian berupa analisis video “Folge6-Wohnen” sebagai materi ajar tambahan untuk pembelajaran menyimak bahasa Jerman peserta didik SMA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.

Hasil analisis menyebutkan bahwa video tersebut sesuai dengan enam kriteria sebagai media audio-visual (video) yang baik.Kriteria itu meliputi aspek:

(1) Video tersebut menunjukkan relevansi baik dan sesuai dengan substansi materi pada silabus;

(2) Video tersebut menunjukkan materi yang sesuai dengan kompetensi dasar pada silabus/kurikulum yang harus dikuasai peserta didik sekolah menengah atas;

(3) Video tersebut menampilkan cerita yang menarik dan dapat dipahami oleh peserta didik;

(4) Kebenaran materi dapat dipertanggungjawabkan, karena sumber perolehan video dapat dipercaya;

(5) Video tersebut berdurasi 04:56, yang dapat diartikan bahwa video tersebut sangat sesuai apabila digunakan sebagai bahan ajar;

(6) Video tersebut menampilkan kehidupan tempat tinggal orang Jerman, yang dapat diartikan bahwa video tersebut sesuai dengan tema pada silabus/kurikulum, yaitu Kehidupan Sehari-hari (Alltagsleben) dan subtemaTempatTinggal (Wohnung).