SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DIE ENTWICKLUNG DES LERNMEDIUMS ZEITMASCHINE ZUR UNTERSTÜTZUNG DES KURSES LITERATURGESCHICHTE IN DER DEUTSCHABTEILUNG DER STAATLICHEN UNIVERSITÄT MALANG

Muninggar Ken Laksmi

Abstrak


ABSTRAK

Muninggar, Ken Laksmi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Zeitmaschine sebagai Penunjang Matakuliah Literaturgeschichte Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Lilis Afifah, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: permainan kartu, sejarah kesusastraan, periode sastra

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran sebagai penunjang matakuliah Literaturgeschichte di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang dalam bentuk permainan kartu yang dikombinasikan dengan flash cards dengan judul Zeitmaschine (Mesin Waktu).

Mengingat sumber pembelajaran yang tersedia saat ini bagi matakuliah Literaturgeschichte hanya mengupas setengah dari materi yang dipelajari dalam satu semester, diharapkan media pembelajaran ini dapat menjadi sumber pembelajaran tambahan bagi mahasiswa untuk mempelajari periode sastra dalam sejarah kesusastraan Jerman.

Dalam penelitian dan pengembangan ini, pengembang menggunakan model pengembangan Dick dan Carey dari tahun 2015. Subjek coba terdiri atas dua ahli dalam bidang materi dan media, serta 27 mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 dari berbagai kelas yang pada saat penelitian dan pengembangan ini berlangsung tengah menjalani matakuliah Literaturgeschichte. Data penelitian dan pengembangan dikumpulkan dari evaluasi formatif dan sumatif melalui angket sebagai instrumen penelitian dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian rata-rata menunjukkan bahwa media pembelajaran Zeitmaschine dikembangkan dengan sangat baik, baik dari segi materi maupun desain media. Ahli materi dan media menilai Zeitmaschine ‘sangat baik’. Sebelum evaluasi sumatif, Zeitmaschine direvisi berdasarkan saran dari kedua ahli. Para mahasiswa menilai Zeitmaschine ‘baik’ dalam evaluasi sumatif. Para pengembang selanjutnya disarankan untuk mengembangkan lebih banyak flash cards yang lebih detail.