SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DOSEN IDEAL DI JURUSAN SASTRA JERMAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2018

Fonataba Fany Yunita

Abstrak


RINGKASAN

Fonataba, Fany Yunita. 2018. Persepsi Mahasiswa Terhadap Dosen Ideal di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang Tahun 2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing :Dr. Primardiana Hermilia Wijayati, M.Pd.

Kata Kunci: dosen, ideal, persepsi mahasiswa UM

Tugas dosen merupakan hal penting dalam pembelajaran karena dosen harus mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melakukan evaluasi, dan melakukan tugas keprofesionalan dengan dosen lainnya. Jika dosen telah melakukan tugasnya maka dosen dapat dikatakan dosen ideal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persepsi mahasiswa mengenai dosen ideal di Jurusan Sastra Jerman.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini didapat dari angket kepada 141 mahasiswa di Jurusan Sastra Jerman dari angkatan 2016, 2017 dan 2018 dan kepada 8 dosenaktif. Data penelitian ini terdiri dari dua jenis data yaitu data kualitatif yang diperoleh dari angket dosen dan data kuantitatif yang diperoleh dari perhitungan prosentase angket mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dosen yang ideal adalah sebagai berikut,

(1) Dosen yang membuat rencana perkuliahan semester (RPS) yang berisi tujuan yang ingin dicapai, membuat komponen penilaian, menyusun materi pembelajaran,

(2) Memilihan metode pembelajaran yang tidak membosankan dan membuat mahasiswa menjadi aktif.

(3) Dosen menggunakan media pembelajaran.

(4) Mosen menjelaskan materi dengan jelas dan sabar dalam mengulang materi yang tidak dipahami mahasiswa.

(5) Dosen memberikan contoh dalam penjelasan materi,

(6) Memberi pertanyaan kepada mahasiswa, memberi kesempatan mahasiswa menjawab pertanyaan dari teman sejawat.

(7) Dosen tidak mudah emosi, tegas, ramah, memiliki selera humor, dan tidak membeda-bedakan mahasiswa aktif dan pasif.

(8) Dosen mengoreksi tugas bersama mahasiswa di kelas dan hasil koreksian dikembalikan kepada mahasiswa.

(9) Dosen memberi motivasi kepada mahasiswa dan melakukan evaluasi.

Data yang telah terkumpul menunjukan bahwa terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan kriteria dosen ideal bagi mahasiswa. Beberapa hal yang dianggap ideal bagi mahasiswa namun belum dilakukan dosen di kelas adalah menggunakan media online yang menarik, dan tugas yang diberikan tidak dikoreksi bersama mahasiswa.