SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BOOKLET PARIWISATA KAB. BONDOWOSO SEBAGAI SUMBER REFERENSI MATAKULIAH REISEFÜHRUNG JURUSAN SASTRA JERMAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Hendra Sonya Tayomi

Abstrak


ABSTRAK

Hendra, Sonya Tayomi, 2018. Pengembangan Booklet Pariwisata Kab. Bondowoso sebagai Sumber Referensi Matakuliah Reiseführung Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A

Kata Kunci: Pengembangan booklet, Booklet Bondowoso Reiseführung, matakuliah Reiseführung

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah booklet, yakni Booklet Bondowosos Reiseführung. Booklet ini berisikan informasi mengenai tempat pariwisata dalam bahasa Jerman. Tujuan dari pengembangan booklet ini adalah untuk menyediakan sumber referensi bagi mahasiswa yang sedang menemouh matakuliah Reiseführung.

Pengembangan Booklet Bondowoso Reiseführung menggunakan model pengembangan Four-D dari Thiagarajan, dkk. Model pengembangan Four-D ini terdiri dari empat tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Di dalam empat tahap tersebut terdapat beberapa subtahap yang telah dimodifikasi. Booklet ini telah melalui tahap validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta telah diujicobakan kepada 20 orang mahasiswa Progaram Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman angkatan 2015.

Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah lembar angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil pengisian angket yang dilakukan oleh para ahli dan lembar observasi uji coba. Data yang sudah didapatkan selanjutnya diolah menggunakan metode deskriptif kulaitatif. Berdasarkan hasil angket dari para ahli dan hasil observasi dinyatakan bahwa Booklet Bondowoso Reiseführung layak dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber referensi dalam matakuliah Reiseführung.