SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN VISUALISASI MATERI BERBASIS MULTIMEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATAKULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN BAHASA JERMAN

Muslimah Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Muslimah. 2018. “Penerapan Visualisasi Materi Berbasis Multimedia Audio-Visual Pada Matakuliah Perencanaan Pengajaran Bahasa Jerman”. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Primardiana H. W., M.Pd.

Kata Kunci: Visualisasi, Materi Perencanaan Pengajaran Bahasa Jerman, Multimedia Audio-Visual, Video

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan pemahaman visualisasi materi berbasis multimedia audio-visual pada matakuliah Perencanaan Pengajaran Bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diambil berupa angket, tes dan FGD. Populasi dan sampel penelitian adalah mahasiswa Jurusan Sastra Jerman, Offering B angkatan 2014 pada matakuliah Perencanaan Pengajaran Bahasa Jerman.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa visualisasi materi tema Unterrichtsphasen, Interaktion dan Unterrichtsmodelle ditampilkan dalam bentuk animasi, teks, bagan/diagram, gambar/foto, video, dan suara. Rata-rata durasi setiap video visualisasi yaitu antara 4 sampai 11 menit. Visualisasi materi dapat membantu mahasiswa dalam memahami isi materi yang mulanya bersifat abstrak, sehingga materi yang disampaikan dapat diserap secara optimal.

Pemahaman mahasiswa terhadap materi tema Unterrichtsphasen, Interaktion dan Unterrichtsmodelle baik, karena mahasiswa dapat menjawab pertanyan latihan soal dengan baik dan benar. Pada materi Unterrichtsphasen sebagian besar mahasiswa mampu membedakan aktivitas-aktivitas yang terdapat dalam Unterrichtsphasen. Pada materi Interaktion sebagian mahasiswa mampu membedakan Arbeitsform dengan Sozialform dan mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam Sitzordnung, dan pada materi Unterrichtsmodelle mahasiswa mampu membedakan Problembasiertes Lernen, Projektbasiertes Lernen, und Entdeckendes Lernen dan mengidentifikasi tahapan-tahapan pada Entdeckendeslernen.

 

Kurniawati, Muslimah. 2018. The Application of Material Visualization of multimedia-based audio-visual in German Language Teaching Planning Course.  Thesis. Department of German, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisor: (I) Dr. Primadiana H. W., M.Pd.

Keywords: Visualization, Material of German Language Teaching Planning Course, Multimedia Audio-Visual.

The aim of this study was to describe the application and understanding of material visualization multimedia audio-visual-based in German Language Teaching Planning Course. This study used quantitative descriptive design. The data collected in this study  were questionnaire, test, and FGD. The population and sample in this study were German Department students, Offering B 2014 in German Language Teaching Planning Course.

The result of this study showed that the visualization of Unterrichtshasen, Interaktion, and Unterrichtsmodelle material  were displayed in the form of animation, text, diagram, picture/photo, video, and sound. The average duration of the material visualization video is between 4 to 11 minutes. The visualization can help students in understanding the material which was abstract, so that the material can be more understandable.

The students’ understanding toward Unterrichtshasen, Interaktion, and Unterrichtsmodelle material was good because the students could answer exercises correctly. In Unterrichtshasen material, most of the students could differentiate activities included in Unterrichtshasen. In interaktion material, most of the students could differentiate Arbeitsform and Sozialform. The students also could mention kinds of Sitzordnung. In Unterrichtsmodelle material, the students could differentiate Problembasiertes Lernen, Projekbasiertes Lernen, and identified the steps of Entdeckendeslernen.