SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU LOMBOK REISEFUEHRER UNTUK MATA KULIAH REISEFUEHRUNG DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Baiq Mutia Mulyaning Rizki

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulyaning Rizki, Baiq Mutia. 2017. Pengembangan Buku Lombok Reiseführer untuk Matakuliah Reiseführung di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Iwa Sobara, S.Pd., M.A.

 

Kata Kunci: pengembangan, buku Lombok Reiseführer, matakuliah Reiseführung

 

Buku merupakan sebuah alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan informasi, materi dan berbagai informasi lain sehingga informasi dan keterampilan yang dibutuhkan mahasiswa dapat tersampaikan. Mahasiswa pada matakuliah Reiseführung belum memiliki media atau buku yang diguanakan sebagai bahan belajar di dalama kelas maupun di luar kelas. Mahasiswa hanya belajar dengan materi yang disampaikan dosen di depan kelas.

Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku Lombok Reiseführer sebagai alternatif media pembelajaran bagi mahasiswa pada mata kuliah Reiseführung di dalam kelas maupun di luar kelas. Selain itu, buku ini juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri.

Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Data yang dihasilkan berupa data kuantitatif didukung dengan data kualitatif. Data kuantitatif dan kualitatif diperoleh dari hasil angket validator, sedangkan data kualitatif berasal dari hasil angket uji coba lapangan kepada mahasiswa Jurusan Sastra Jerman yang diambil secara acak.

Berdasarkan hasil validasi ahli media, buku Lombok Reiseführer sudah valid dengan persentase 92,5%. Sementara itu, ahli materi berpendapat bahwa buku Lombok Reiseführung valid dengan persentase 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku dapat diujicobakan dengan memerlukan sedikit revisi. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, mahasiswa berpendapat bahwa media ini sangat menarik dengan hasil persentase sebanyak 90,6%, sehingga dapat disimpulakan persentase total dari tiga subjek menjadi 92,5%.