SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Mata Pelajaran Bahasa Jerman Materi Regelmäβige Dan Unregelmäβige Verben Untuk Siswa Kelas Xi Mipa Sman 10 Malang

Dea Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Dea. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Mata Pelajaran Bahasa Jerman Materi Regelmäβige dan Unregelmäβige Verben  untuk Siswa Kelas XI MIPA SMAN 10 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sawitri Retnantiti, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media, Permainan Monopoli, Materi Regelmäβige dan Unregelmäβige Verben, Bahasa Jerman.

 

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan monopoli sebagai alternatif pembelajaran bahasa Jerman materi regelmäβige dan unregelmäβige Verben.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan.Metode penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan milik Sugiyono.Media telah melalui tahap validasi oleh dua orang validator, yaitu ahli media dan ahli materi.Uji coba media juga sudah dilakukan kepada 27 siswa kelas XI di SMAN 10 Malang.

Media pembelajaran monopoli terdiri dari perangkat utama dan perangkat pendukung. Perangkat utama terdiri dari cover media, papan permainan, dan buku petunjuk. Perangkat pendukung media adalah dadu, bidak, uang mainan, pengganti perusahaan, dan 45 kartu soal. 45 kartu soal tersebut terdiri dari 15 kartu die Bombe yang berisi soal-soal kata kerja tidak beraturan / kata kerja lemah (regelmäβige verben / schwäche verben),15 kartu der Bonus berisi soal-soal kata kerja beraturan beraturan / kata kerja kuat (unregelmäβige verben / starke verben), dan 15 kartu die Chance merupakan kartu perintah dalam bahasa Jerman.

Kelayakan produk pengembangan media memperoleh presentase 86,9% dari hasil validasi ahli media, dari validasi ahli materi presentase kelayakan produk adalah 94,4%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media monopoli sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman.