SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Belajar Super learning Pada Matakuliah Deutsche Literatur Bagi Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang

Agnes Ari Ala Belutowe

Abstrak


ABSTRAK

 

Belutowe, Agnes Ari Ala. 2017. StrategiBelajarSuperlearningPada Matakuliah  DeutscheLiteraturBagiMahasiswaJurusanSastraJermanUniversitasNegeri Malang. Skripsi, JurusanSastraJerman. FakultasSastra.UniversitasNegeri Malang.Pembimbing: M. Kharis, S.Pd., M.Hum

 

Kata kunci : StrategiBelajarSuperlearning.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Superlearning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa teks karya Sastra Fabel dengan judul Der Löwe und die Maus, sedangkan data dalam penelitian ini berupa hasil dari penerapan strategi pembelajaran Superlearning dan data hasil respon mahasiswa terhadap penerapan strategi pembelajaran Superlearnig.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa mampu memahami dan menemukan kata-kata  kunci pada teks Der Löwe und die Maus, mampu meringkas informasi yang diperoleh dari karya sastra tersebut dan mencantumkan dalam bagan Mind Map, serta mampu membuat rangkuman kembali dari hasil Mind Map yang telah dikerjakan. Dalam proses penerapan strategi ini masih terdapat beberapa kesulitan. Hal ini diperoleh dari hasil angket,di ketahui bahwa beberapa mahasiswa masih mengalami kesulitan memahami karya sastra Jerman dengan menggunakan teknik membacacepat. Selain itu, beberapa mahasiswa masih  mengalami kesulitan dalam menemukan kata kunci dari teks yang dibaca serta membuat gambar terkait dengan kata kunci.Oleh karena itu mahasiswa disarankan untuk memperbanyak membaca teks karya sastra Jerman.